Memakai Premium Dan Pertamax Dengan Bergantian, Apakah Baik Buat Motor?

Dalam Memakai Premium Dan Pertamax Dengan Bergantian, Apakah Baik Buat Motor?

Memakai Premium Dan Pertamax Dengan Bergantian, Apakah Baik Buat Motor? – Dengan terjadinya kenaikan BBM saat pemerintah telah mengumumkan bahwa subsidi BBM untuk jenis premium dan solar telah dicabut di khususkan bagi jenis premium yang selisih harga dengan pertamax yang berkisaran Rp 1000 – 2000, dengan akibat tersebut banyak pengguna sepeda motor telah mulai mempertimbangkan untuk memilih menggunakan pertamax yang alasannya yaitu karena jenis pertamax memiliki kualitas yang bagus untuk pembakaran apalagi untuk motor zaman sekarang ini.

Rata-rata sekarang pengguna motor kini beralih menggunakan pertamax yang sejak BBM telah di naikan, agar tidak terlalu mengeluarkan dana sesuaikan dengan isi dompet terkadang menyelingkan pemakaian jika saat mengisi bahan bakar jenis premium 2 kali full tank dan sekali di isi dengan jenis pertamax, fungsi jenis pertamax juga selain untuk bahan bakar juga dapat membersihkan didalam ruang bakar.

Tapi ada anjuran apabila menggunakan bahan bakar lebih baik kalau pakai premium, cukup premium saja terus. Dan apabila menggunakan pertamax, pakai pertamax saja, jangan selalu gonta ganti bahan bakar. Justru dengan menggunakan bahan bakar yang secara bergantian mempercepat kerusakan pada mesin.

Walaupun bahan bakar seperti pertamax yang telah memiliki kandungan yang dapat membersihkan didalam ruang bakar, tapi seandainya jika melakukan secara bergantian dengan jenis premium maka mengurangi bumur mesin bisa saja hanya bertahan 2 atau 3 tahun saja motor sudah ngasep atau ngebul. Latas yang telah suka mencampur premium dengan pertamax, apalagi pas harga pertamax dulu mahal banget, banyak pengguna motor mencampur premium dan pertamax hanya ingin mengejar nilai oktan motor tersebut.

Jika sering mencampur bahan bakar premium dengan pertamax apakah ada efek bahaya pada mesin !!!

Setelah mencari sumber info masalh ini bahwa untuk mencampur atau yang biasa disebut dengan mengoplos premium dengan pertamax tidaklah merusak mesin. Hanya pertamax memiliki keunggulan dibandingkan dengan premium yang memiliki kandungan pembersih tidak akan didapat. Dan hasil pembakaran diruang bakar pun tidak akan maksimal, meski mencampur premium dan pertamax akan menambah nilai oktannya.

Para pengguna sepeda motor yang perlu dikhawatirkan jika ingin mengoplos atau mencampur premium dengan pertamax adalah terjadinya penumpukan karbon diruang bakar mesin. Lebih lagi penumpukan karbon ini bisa merembet ke busi dan bisa mengakibatkan motor sulit untuk dihidupkan. Sebenarnya busi itu bisa membersihkan diri kalau motor berjalan diatas 5000 rpm atau melaju dengan cepat.

Jadi lebih baik pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor jika diharuskan menggunakan premium ya premium saja, jika diharuskan menggunakan bahan bakar jenis pertamax ya pertamax saja, apabila untuk motor yang sudah lama atau sudah berumur jika mau menggunakan pertamax monggo saja.

Demikianlah pembahasan mengenai Memakai Premium Dan Pertamax Dengan Bergantian, Apakah Baik Buat Motor? semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Memakai Premium Dan Pertamax Dengan Bergantian, Apakah Baik Buat Motor? | admin | 4.5