MENGATASI RPM TINGGI TETAPI KECEPATAN RENDAH DENGAN MUDAH

MENGATASI RPM TINGGI TETAPI KECEPATAN RENDAH DENGAN MUDAH

Kopling pertama

teknikotomotif.com – Kopling pertama adalah jenis kopling sepatu sentrifugal ( centrifugal shoe clutch ) yang bagian kopling terpasang pada bagian poros engkol, kopling pertama memiliki dua bagian utama yaitu sepatu kopling ( clutch shoe ) dan rumah sepatu kopling ( clutch drum ).

Sepatu kopling atau prodo kopling ikut dengan putaran crankshaft, rumah sepatu kopling yang berhubungan langsung dengan primary gear tetapi bebas terhadap crankshaft, pada putaran crankshaft atau askrek akan dilanjutkan ke bagian primary drive gear yang apabila prodo kopling sudah menempel pada rumah atau loncengan sepatu kopling karena adanya gaya sentrifugal yang melawan gaya pegas. Pada saat putaran langsam gaya sentrifugal pada sepatu kopling belum cukup kuat untuk melawan gaya pegas, saat itu sepatu kopling sudah terlempar tetapi belum menjangkau rumah sepatu kopling.
Pada saat gas dibuka atau putaran mesin ditambah gaya sentrifugal akan menimbulkan yang akan menjadi semakin besar sehingga melempar sepatu kopling ke rumah atau loncengan, karena rumah pada sepatu kopling akan berhubungan langsung dengan bagian primary drive gear maka saat rumah sepatu kopling berputar primary drive gear berputar juga.
Pada saat gas diturunkan pegas menarik sepatu sentrifugal kea rah pusat dan sepatu sentrifugal lepas dari rumah sepatu kopling sehingga putaran tidak diteruskan ke primary drive gear.
Apabila terjadi baret atau ada goresan pada rumah kopling ini yang akan mengurangi ke maksimalan pada kecepatan, dan bagian prodonya atau sepatunya apabila sudah habis otomatis berkurang, jadi jarak sepatu ke rumah kopling otomatis agak jauh pada saat menambah putaran saat dikendarain pastinya putaran tinggi tetapi kecepatan rendah.

Kopling kedua

Kampas kopling atau pemindah gigi yaitu tipe pelat majemuk, basah yang terpasang pada countershaft, kopling tersebut bekerja pada saat pemindah gigi dilakukan. Saat pedal pemindah gigi diinjak dan ditahan, berarti kopling telah memutuskan hubungan primary driven gear dengan countershaft, pada putaran dari poros engkol tidak diteruskan ketramisi dengan demikian pemidahan gigi dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa hentakan.
Pada saat putaran tinggi tetapi kecepatan rendah pada motor tersebut pastinya bagian kanvas koplingnya telah mengalami keausan atau sudah mengalami kerusakan hal tersebut yang membuat tenaga motor tidak ada.
MENGATASI RPM TINGGI TETAPI KECEPATAN RENDAH DENGAN MUDAH | admin | 4.5