[MENURUT AHLI OTOMOTIF] CARA MENDETEKSI PENYEBAB MOTOR INJEKSI TIDAK MAU LANGSAM

[MENURUT AHLI OTOMOTIF] CARA MENDETEKSI PENYEBAB MOTOR INJEKSI TIDAK MAU LANGSAM

teknikotomotif.com – Pada sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi untuk mencampurkan bahan bakar terkadang mangalami masalah misalnya yang tidak mau langsam, padahala saat di starter motor mau hidup tapi saat di gas dan dilepas mesin langsung mati, itu karena stasioner tidak mau stabil yang ujungnya mengakibatkan tangan menjadi pegal karena memegang selongsong gas terus, dan belum lagi kondisi jalan yang dilewati sering macet, apa saja sih yang membuat motor injeksi tidak mau langsam yuk telusuri gejalanya :
Seperti menggunakan komponen karburator gejala yang timbul tidak mau langsam di sistem injeksi kemungkinan disebabkan beberapa faktor, untuk sistem injeksi pastinya cepet ditemukan permasalahannya karena motor injeksi mempunyai tanda peringatan yaitu memiliki sensor-sensor yang di aplikasikan pada motor tersebut.
Mekanik pun tidak asal tebak menebak buat mencari penyebabnya cukup menggunakan alat yaitu diagnostic tool, begitu soket pembaca kerusakan ini disambung ke pacuan part tersebut langsung scaning tiap sensornya.
Contohnya untuk motor Yamaha vixion, bila ada gejala tidak langsam kondisi tersebut bisa disebabkan adanya gangguan disensor intake air pressure ( IAP ), sensor ini berfungsi untuk membaca udara bersih yang masuk ke throttle body. Seandainya ada gangguan disensor tersebut alat akan memunculkan kode kerusakan 14, yaitu gangguan yang dimaksud adalah terjadinya penyumbatan disensor tersebut.
Walaupun lubang sensor ini tersumbat tapi mesin memang masih mau hidup dan bisa digunakan untuk berjalan, tapi tentunya campuran udara dan bahan bakar yang dihasilkan pastinya menjadi tidak sempurna karena tersumbatnya lubang yang disebabkan karena kotoran seperti debu atau juga partikel-partikel yang halus lainnya.
Cara membersihkannya sangat mudah hanya dengan membongkar bagian throttle body dan kemudian bersihkan menggunakan cairan perontok kotoran, bagusnya cairan yang digunakan atau yang dipakai cairan khusus dan mengandung petroleum based solvent, bukan manggunakan cairan pembersih karburator biasanya.
Tapi kalau bisa tidak dilakukan sendiri karena throttle body terdapat beberapa sensor bila sensor terganggu dapat menyebabkan masalah atau error dibagian yang lainnya, misalnya di ECU.

Penyebab lain

Pada motor injeksi tidak langsam ada beberapa penyebabnya, misalnya dari busi, karena busi yang dibersihkan pakai bensin juga sangat memnpengaruhi motor jadi tidak langsam karena busi tersebut bisa cepet aus dan dapat mengurangi umur busi juga.
Cara penyetelan kerapatan klep juga mempengaruhi kelangsaman motor, karena tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan standar penyetelan untuk motor vixion yaitu untuk klep in 0,10-0,14 mm dan untuk klep ex 0,16-0,20 mm.
Penyebab lain yaitu gangguan angin yang masuk lewat filter udara, jangan sekali-kali menaruh jas hujan dekat boks filter karena juga dapat mempengaruhi karena menghambat masuknya udara lewat filter udara, untuk vixion lubang isap filternya yang berada di bawah jok pengendaranya.
[MENURUT AHLI OTOMOTIF] CARA MENDETEKSI PENYEBAB MOTOR INJEKSI TIDAK MAU LANGSAM | admin | 4.5