Penyebab Rem Tidak Pakem Atau Daya Pengereman Kurang Pada Motor

Jadi Ini, Penyebab Rem Tidak Pakem Atau Daya Pengereman Kurang Pada Motor

Penyebab Rem Tidak Pakem Atau Daya Pengereman Kurang Pada Motor – Rem didesain untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan dan dapat menghentikan kendaraan secara aman dan sependek mungkin pada berbagai jenis permukaan jalan dan kondisi pengendaraan.

Sebagai tambahan rem harus dibuat agar terjadi hubungan yang baik diantara ben, suspensi dan bagian-bagian lainnya yang mempunyai daya tahan yang cukup, tahan air dan oli dapat menyerap panas.

Disamping itu rem harus mudah dirawat/diperbaiki dan mudah disetel, rem dipakai pada bermacam-macam konfigurasi tetapi pada dasarnya terdiri dari alat yang dipakai pengendara untuk meneruskan gaya operasional, dan bagian utama rem yang menerima gaya operasional dan pengendara dan menghasilkan gaya gesek.

Mekanisme operasinya terdiri dari bermacam-macam tipe mekanis baik yang menggunakan kabel atau tuas maupun hidrolik yang menggunakan cairan rem, bodi utamanya bisa berupa tromol yang menggunakan tromol sebagai bagian geseknya atau tipe ( rem ) cakram yang menggunakan piringan. Sebab-sebab daya rem kurang pada motor yaitu :

Minyak Rem Bocor Pada Sistem Hidrolik

Apabila minyak rem mengalami kebocoran otomatis daya pengereman tidak ada, biasanya bocor karena pompa sudah rusak atau karet dimasternya sudah keras jadi mengakibatkan minyak keluar terus, untuk mengatasi masalah tersebut ganti dengan yang baru.

Kanvas Rem Hangus

Karena kondisi jalan yang terlalu jauh atau bahan kanvas yang kurang bagus atau biasanya yang bisa mengakibatkan kanvas rem hangus karena sangat panasnya gesekan antara kanvas dengan piringan atau kanvas dengan tromol, untuk megatasi kanvas rem hangus ganti dengan yang baru.

Piringan Rusak

Karena sering bergesekan antara kanvas denga piringan atau kanvas sampe telat gantinya yang tertinggal hanya besinya saja, yang tidak langsung diganti otomatis pergesakan membuat piringan rusak atau baret yang dalam pastinya membuat daya rem kurang untuk mengatasi masalah tersebut ganti piringan dengan yang baru agar tidak terjadi macet saat berjalan.

Terdapat Angin Pada Sistem Hidrolik

Terkadang saat pergantian pompa rem atau master rem, dan juga penambahan minyak rem karena sudah kosong untuk perlu pembuangan angin agar pengereman didapatkan kalau tidak dibuang pengereman tidak ada untuk mengatasi masalah tersebut dengan buang angin saja di kailiper menggunakan kuci 8 ring sambil hadel rem dikocok.

Kanvas Aus

Terkadang piringan sudah mengalami kebaretan karena sudah terlalu lama digunakan saat pergantian kanvas yang baru otomatis harus ngikutin alur prirngan yang lama, apabila kanvas yang bagus mungkin tidak aus tapi sebaliknya kalau kanvas yang bahannya tidak bagus walaupun baru otomatis kanvas akan aus juga, untuk perlu dengan diganti saja.

Permukaan Kanvas Terdapat Oli

Apabila dikanvas maupun pringaan/tromol ada olinya sangat fatal juga bagi pengendaranya karena rem kalau ada olinya pengereman tidak ada karena licin malah bisa mengakibatkan kecelakaan bagi pengendaranya untuk perlu selalu pengecekan pada bagian rem motornya, untuk mengatasi masalah tersebut dibersihkan dengan menggunakan sabun dengan air agar oli pada pengereman hilang.

Jarak Main Tuas Rem Terlalu Banyak

Saat berjalan terkadang main bawa-bawa saja tidak selalu pengecekan khususnya rem, bagian tersebut padahal sangatlah penting karena untuk menghentikan kendaraan saat melaju, untuk mengatasi masalah tersebut cukup dengan penyetelan saja.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Rem Tidak Pakem Atau Daya Pengereman Kurang Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Penyebab Rem Tidak Pakem Atau Daya Pengereman Kurang Pada Motor | admin | 4.5