PENYEBAB UTAMA MOTOR BERASAP TEBAL ATAU KOTOR

PENYEBAB UTAMA MOTOR BERASAP TEBAL ATAU KOTOR

teknikotomotif.com – Asap yang keluar dari lubang knalpot pada motor pastinya membuat pengendara tidak nyaman saat dikendarain apalagi bagi pengendara dibelakangnya. Untuk itu perlu perbaikan agar dapat kinerja motor dapat bekerja dengan maksimal untuk itu perlu diperhatikan sebagai berikut :

Oli mesin terlalu banyak

Oli atau pelumas pada kendaraan baik motor maupun mobil sangatlah penting karena dapat melumasi komponen-komponen mesin dan untuk menjaga kinerja mesin agar terjaga dari gesekan yang bisa mengakibatkan kerusakan yang dapat mengurangi kinerja motor, apabila pelumas dalam pengisiannya berkurang pastinya mempengaruhi kondisi motor, dan apabila pengisian oli terlalu banyak pastiya mempengaruhi cara kerja motor misalnya motor berat saat berjalan atau tidak ada larinya. Untuk itu sebagai pengendara tetep memperhatikan isi lah oli mesin pada motor yang sesuai dengan anjuran dan ukuran pabrikannya.

Ring piston atau cylinder aus

Ring piston yang difungsikan untuk seebagai ring kompresi dan ring oli yang mengikis oli yang berlebihan pada dinding cylinder agar tidak masuk ke runag bakar. Apabila ring piston atau dinding cylinder ini sudah mengalami keausan atau sudah baret dan kerenggangan antara ring piston terhadap dinding sudah  menjauh otomatis oli masuk keruang bakar yang pastinya menimbulkan asap putih yang keluar dari lubang knalpot, untuk perlu sekali untuk pergantian komponen tersebut agar asap yang berlebihan yang keluarnya hilang.

Pengatur katup aus

Pengatur katup yang berfungsi untuk membuka dan penutup katup baik masuk maupun buang apabila komponen tersebut mengalami keausan pastinya membuat performa motor menurun dan suara yang timbul berisik, apabila komponen ini rusak otomatis oli bisa masuk kerunag bakar lewat katup karena katup tidak tertutup rapat yang buat oli masuk, dan keluar kelubang knalpot, dengan begitu pengatur katup diganti dengan yang baru agar kondisi mesin maksimal kembali.

Katup atau batangnya aus

Apabila batang katup atu payungnya sudah keausan pastinya oli yang melumasi bagian cylinder head bisa masuk keruang bakar dari lubang botolan apabila batangnya ada kerusakan dan apabila dari payung klepnya telah mengalami keausan lubang di payung klep ada kotoran pastinya tidak menutup rapat dengan begitu oli bisa masuk keruang bakar bisa dapat menimbulkan asap juga atau sealnya juga sudah rusak juga, dengan begitu gatilah yang baru.

Seal batang tidak berfungsi

Seal adalah bahan karet apabila terkena panas lama kelamaan bisa kerusakan juga seperti molor atau keras, apabila begitu oli ada kemungkinan bisa masuk karena seal untuk merapatkan sudah mengalami kerusakan.

Alur samping ring oli aus

Apabila alur ring sudah mengalami keausan pastinya oli yang masuk keruang bakar bisa masuk karena saat kompresi piston mau ke titik mati atas berbarengan dengan naiknya oli ini yang membuat oli masuk apabila alur ring klauw sudah aus.
PENYEBAB UTAMA MOTOR BERASAP TEBAL ATAU KOTOR | admin | 4.5