PENYEBAB UTAMA BUSI PADA MOTOR MENJADI CEPAT TERTUTUP ARANG

PENYEBAB UTAMA BUSI PADA MOTOR MENJADI CEPAT TERTUTUP ARANG

teknikotomotif.com – Pada busi apabila karbon deposit hitam dapat terbentuk di busi ketika bahan bakar terbakar tidak sempurna, biasanya disebabkan ratio udara bahan bakar yang tidak tepat, deposit karbon akan terbakar pada temperatur 450-870 C ( pembersihan sendiri ) sehingga temperatur busi sangat menentukan terbentuknya deposit karbon. Apabila busi tersebut mengalami seperti itu otomatis mengurangi kemaksimalan pada percikan apinya, apa saja penyebab busi tertutup arang yaitu :

Campuran kaya

Campuran bahan bakar dan udara yang disemburkan oleh karburator kemudian masuk ke dalam silinder kemudian dikompresikan serta dibakar dengan api dari busi dan akan timbul pembakaran yang menghasilkan tenaga, agar hasil pembakaran menghasilkan tenaga yang optimal maka campuran bahan bakar dan udara harus tepat. Bahkan perbandingan udara dan bahan bakar juga akan berubah-ubah tergantung putaran mesin. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara setel karburatur agar pas saat campuran udara dengan bahan bakar.

Putaran langsam terlalu tinggi

Pada sistem ini bensin mengalir selama mesin hidup, piston gas tertutup atau terbuka sedikit, bensin yang mengalir dari ruang pelampung melalui pilot jet bercampur dengan udara yang datang dari lubang setelan angin, campuran yang kaya bensin akan keluar melalui pilot oulet, cara mengatasi dengan setel karburator sesuai dengan putaran mesin.

Mutu bensin tidak bagus

Bahan bakar juga sangat mempengaruhi kualitas kinerja mesin apabila bahan bakar yang kualitasnya jelek otomatis pada sistem pengapian khusus dibusi cepat tertutup dengan arang karena saat terjadi pembakaran tidak maksimal, untuk itu cara mengatasinya ganti bahan bakar / bensin yang berkualitas bagus agar pembakaran sempurna.

Saringan udara kotor

Filter udara / saringan sangat lah penting karena untuk menyaring kotoran-kotoran atau debu-debu yang akan masuk ke dalam karburator, apabila saat percampuran bahan bakar dan udara kalau udaranya bercampur dengan kotoran otomatis mempengaruhi pembakaran yang tidak optimal untuk itu selalu periksa atau dibersihkan pada saringan udara caranya hanya dengan dibersihkan.

Busi terlalu dingin

Kecocokan pemakaian busi juga sangat mempengaruhi, derajat panas untuk penggunaan busi bergantung dari type dan kondisi pemakaian / penggunaan mesin, ukuran panas busi dibuat untuk menyelesaikan kondisi kerja mesin dan seberapa panas busi bekerja, agar cocok sesuai dengan kebutuhan mesin cukup dengan mengganti busi tipe panas.
PENYEBAB UTAMA BUSI PADA MOTOR MENJADI CEPAT TERTUTUP ARANG | admin | 4.5