[Cara Tepat] Penyebab Dan Mengatasi Motor Mati Mendadak Saat Jalan

teknikotomotif.com – Bagi pengendara motor yang sehari-harinya menggunakan kendaraan seperti sepeda motor apabila saat sedang berjalan atau sedang asik sama belahan jiwanya tiba-tiba tunggangannya mati medadak pastinya membuat kesel alias jengkel, dan menghabat perjalanan pastinya.
penyebab motor mati mendadak saat jalan

[Cara Tepat] Penyebab Dan Mengatasi Motor Mati Mendadak Saat Jalan

Agar kendaraan tersebut tidak akan mengalami perlu dengan perawatan ibarat seperti manusia aja sih perlu perawatan dan begitu juga bagi kuda besinya perlu perawatan atau pengecekan agar saat digunakan atau dijalankan tidak ada kendala atau hambatan yang membuat berhambat jalan sampeyan.

Untuk itu perlu tune-up atau servis ke bengkel resmi atau ke bengkel umum yang menjadi langganan sampeyan agar kendaraan sampeyan tetap maksimal kinerja si kuda besi baik diputaran rendah maupun di putaran tinggi, coba kalauw tiba-tiba mati medadak apa sampeyan tidak malu apa lagi saat mengajak pacarnya, untuk itu perlu sekali perawatan dengan servis.

Perawatan sesuai anjuran baik patokan kilometer misalnya 2500-5000 km atau 3 bulan sekali sesuai dengan anjuran agar tidak ada masalah. Disaat kendaraan apabila tiba-tiba mati untuk itu perlu diperhatikan penyebabnya atau kendalanya apa saja.

Faktor-Faktor Penyebabnya

Ini faktor-faktor penyebab yang perlu untuk diperhatikan agar kondisi motor tetap oktimal saat dikendarain yaitu :

Busi kotor

Busi adalah suatu bagian komponen sistem pengapian yang sangat penting untuk kemaksimalan pada motor, karena busi yang berfungsi untuk menghasilkan percikan bunga api yang diantara elektroda ( dari pusat elektrodanya ke ground ). Untuk membakar campuran udara dan bahan bakar pada saat busi menerima tegangan tinggi dari coil pengapian. Apabila busi tersebut ada yang menghalangi atau kotor otomatis percikan api dari busi tidak maksimal, kalau busi kotor cukup dengan dibersihkan saja agar kotorannya hilang.

Pick up coil atau CDI rusak

Pick up coil atau pulser gejala yang timbul lemah atau pulser mati pada motor hampir dengan gejala seperti CDI rusak, bila kerusakan pulser motor belum parah mesin masih bisa menyala tetapi motor terasa endut-endutan. Munculnya gejala ini bisa diputaran bawah atau diputaran atas. Untuk gejala pulser lemah akan berefek pada mesin motor yang berjalan endut-endutan, bila kumparan didalam pulser putus atau pulser motor mati maka tidak keluar tegangan sama sekali dan mesin tidak akan hidup sama sekali karena CDI tidak akan mendapat perintah waktu untuk mempercikan api.

Pulser ialah besi bermagnet di lilit kawat tembaga halus, bila ada benda besi yang ditempelkan pada ujung pulser dan ditarik berulang-ulang maka pada ujung kawat pulser akan mengalir listrik kecil yang dapat dilihat dengan multimeter yang melalui jarum penunjuk pada posisi volt meter skala 0,5 V atau 1 V maka jarum akan menunjukkan nilai dari lilitan pulser kemudian kita tempelkan besi pada ujung pulser berkali-kali maka akan terlihat jarum volt meter bergetar sebagai tanda ada aliran listrik yang mengalir dari pulser.

Selang bensin tersumbat

Sistem saluran bahan bakar yaitu salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi para pengendara motor agar ketika dijalankan tidak mudah mogok alias ngadat malah berakibat saat jalan mati mendadak, biasanya kasus tersebut diakibatkan karena bahan bakar tidak sampai ke karburator, terlalu banyak suplai bahan bakar ke karburator atau sebab lain yang mengganggu kelancaran.

Jet karbu tersumbat

Pada saat langsam bensin mengalir selama mesin masih hidup, piston gas tertutup atau terbuka sedikit bensin yang mengalir dari ruang pelampung yang melalui pilot jet yang bercampur dengan udara yang datang dari lubang setelan angin, campuran yang kaya bensin akan keluar melalui pilot outlet.

Dan pada sistem cepat bensin mengalir selama mesin hidup, saat piston gas terbuka 1/4 sampai dengan penuh, bensin yang keluar melalui main jet bercampur dengan udara yang keluar melalui main air jet, campuran bensin dan udara mengalir melalui sela-sela antara needle jet, dan jet needle kemudian masuk kedalam saluran utama setelah keluar dari jet needle. Jadi apabila bahan bakar yang digunakan jelek atau kotor pastinya akan menutup lubang-lubang spuyer yang bisa mengakibatkan tersumbat dan motor bisa mengakibatkan berebet dan bisa juga mati medadak.

Penyetelan kerenggangan katup menyimpang

Apabila saat pnyetelan salah pada saat menyetel klep atau kelonggaran yang melewati batas standarnya hal tersebut bisa mengakibatkan motor mati karena setelan yang tidak tepat pada bagian katupnya.

Demikianlah pembahasan mengenai [Cara Tepat] Penyebab Dan Mengatasi Motor Mati Mendadak Saat Jalan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Cara Tepat] Penyebab Dan Mengatasi Motor Mati Mendadak Saat Jalan | admin | 4.5