CARA MENGETAHUAI PENYEBAB RODA BELAKANG GOYANG PADA MOTOR

CARA MENGETAHUAI PENYEBAB RODA BELAKANG GOYANG PADA MOTOR

teknikotomotif.com – Roda merupakan bagian terpenting dikendaraan karena untuk kestabilan pengendaraan dan untuk memenuhi kebutuhan akan segala kondisi, roda juga digunakan untuk penahan berat apad sepeda motor, harus dapat menanggulangi beban hentakan yang diakibatkan kondisi permukaan jalan ketika dijalankan, apabila roda bagian belakang ada masalah saat berjalan pastinya membuat pengendara tidak nyaman saat dikendarai.

Sebab-sebab roda belakang goyang dan cara mengatasinya yaitu :

Pelek bengkok

Apabila bagian tersebut mengalami kebengkokkan otomatis membuat motor saat berjalan tidak maksimal saat dikendarai karena perputaran roda tidak stabil, untuk mengatasi apabila bengkoknya Cuma sedikit hanya dipres saja dan apabila parah lebih baik ganti dengan yang baru agar hasil kinerja lebih bagus dan maksimal.

Bearing roda belakang rusak

Bagian tersebut seperti bearing / klaher telah mengalami kerusakan atau sudah aus otomatis mempengaruhi perputaran pada roda saat didijalankan bagian belakang goyang, untuk mengatasi masalah pada bagian bearing dengan mengganti komponen tersebut.

Ban usang atau rusak

Ban juga apabila sudah mengalami usang atau rusak pastinya mempengaruhi kestabilan motor saat dikendarai karena ban difungsikan untuk menyerap hentakan permukaan jalan dan mencegah agar kendaraan tidak slip pada saat dikendarai atau saat pengereman, untuk mengatasi masalah bagian tersebut dengan mengganti dengan yang baru.

Bos swingarm aus

Apabila bagain tersebut telah mengalami keausan otomatis mempengaruhi karena komponen tersebut sangat penting karena untuk menghubungakan dari roda ke mesin apabila komponen tersebut rusak, sangat mempengaruhi kesatabilan motor saat dijalan untuk mengatasinya diganti dengan yang baru.

Mur as roda atau mur pengikat mesin kendor

Mur as apabila saat pemasangan tidak kencang otomatis mempengaruhi kestabilan motor saat berjalan motor juga terasa goyang, untuk mangatasi cukup dengan dikencangkan saja pada mur tersebut.

Jari-jari roda kendor

Jari-jari difungsikan untuk menghubungkan pelek ke tromol apabila jari-jari pada motor mengalami kekendoran, juga dapat mempengaruhi kestabilan motor saat berjalan, untuk itu bagi pengendara yang memliki motor yang memakai pelek jari-jari selalu pengecekan karena walaupun sepele bagian tersebut juga sangan berpengaruh untuk kenyamanan pada saat dikendarai untuk mengatasinya cukup dengan disetel atau dikencangkan di tukang jari-jari.

Mur-mur atau suspensi belakang kendor

Saat dibawa jalan apabila mur-mur atau suspensi belakng kendor, sangat berpengaruh juga karena dapat mengurangi kestabilan juga pada motor atau kerasa seperi goyang untuk itu selalu diperiksa mur-murnya, cara mengatasinya hanya dengan dikencangkan saja.
CARA MENGETAHUAI PENYEBAB RODA BELAKANG GOYANG PADA MOTOR | admin | 4.5