SANGAT PENTING UNTUK DIKETAHUI FUNGSI METERAN DAN UKURAN PADA SEPEDA MOTOR

SANGAT PENTING UNTUK DIKETAHUI FUNGSI METERAN DAN UKURAN PADA SEPEDA MOTOR

teknikotomotif.com – Meteran dan ukuran pada sepeda motor menunjukkan status berbagai macam part ketika motor dikendarai, sepeda motor menunjukkan kecepatan, tachometer menunjukkan putaran mesin, lampu tekanan oli menunjukkan tekanan hidrolik oli mesin, dan lampu peringatan oli memperlihatkan seberapa banyak oli mesin yang telah terpakai. Meteran bensin menunjukkan jumlah pemakaian bensin, temperature air memperlihatkan tingkat panasnya lampu netral dan posisi gigi menunjukkan posisi tranmisi, dan ada juga pula lampu peringatan kecepatan.

Speedometer

Speedometer menunjukkan kecepatan kendaraan dalam jarak tempuh per jam, biasanya digabungkan dengan odometer yang dapat memperlihatkan total jarak tempuh yang telah dilalui. Speedometer digerakkan oleh gigi yang terletak diporos roda depan yang dihubungkan ke gigi speedometer melalui sebuah kabel speedometer.

Ada jenis gaya sentrifugal dan jenis elektromagnetik

Kebanyakan kendaraan ( mobil ) menggunakan jenis elektromagnetik, meteran elektromagnetik digerakkan dari bagian luar yaitu melalui kabel speedometer gaya rotasi dihasilkan oleh plat induksi yang akan berhenti pada posisi dimana terjadi keseimbangan dengan gaya pegas rambut dan pada saat itu terlihat nilai kecepatan. Karena gaya rotasi proporsional terhadap kecepatan putar magnet maka jarum penunjuk yang terletak pada poros yang sama dengan plat induksi akan menunjukkan nilai kecepatan pada titik tersebut.
Odometer digerakkan oleh sebuah roda gigi cacing yang dipasang pada poros magnet dan setiap kali poros berputar pada jumlah waktu yang telah ditentukan, angka yang paling rendah berputar satu kali. Selanjutnya angka tersebut akan berputar untuk menunjukkan jumlah kumulatif kilometer atau mile yang telah dilalui. Cara lainnya adalah dengan menaruh sensor rotasi pada penutup gigi tarik dan mengkonversi putaran gigi tarik tadi ke nilai kecepatan dimana jarum speedometer akan menunjukkan nilai kecepatan tersebut.

Tachometer

Tachometer memperlihatkan seberapa cepat mesin berputar berdasarkan prinsip kerjanya, tachometer dapat dikelompokkan menjadi tipe mekanik dan tipe elektrik.
  • Tachometer mekanik

 

Konstruksinya sama dengan speedometer tetapi meterannya hanya menunjukkan kecepatan putar mesin, selain itu meteran ini tidak digerakkan oleh roda depan, tetapi digerakkan langsung oleh mesin.
  • Tachometer elektrik

 

Terdiri dari meteran yang menunjukkan kecepatan dimana mesin berputar transistor yang mengubah sinyal dari unit pengapian ke arus searah dalam kecepatan dan sebuah printed circuit board ( pcb ) yang memadukan sirkuit elektronik yang tersusun dari dioda-dioda yang dibungkus dalam satu kabel elektrik tunggal.

Lampu tekanan oli

Lampu tekanan oli menunjukkan tekanan hidrolik oli mesin kebanyakan sepeda motor menggunakan tipe lampu pilot, lampu pilotini terdiri dari lampu pilot dan saklar tekanan oli, metode ini memperlihatkan tekanan oli cukup atau tidak melalui nyala lampu pilot.
Bila tekanan dikurangi dari nilai yang telah ditentukan gaya pegas akan mendorong diaphragma menutup contact point sehingga lampu pilot menyala, bila tekanan oli cukup maka diaphragma kembali ke posisi semula dan contact point terbuka sehingga lampu pilot mati.

Lampu peringatan jumlah oli

Lampu ini dirancang untuk menjala ketika oli CCIS yang digunakan untuk pelumas mesin 2 tak telah habis karenanya ketinggian pelampung saklar turun dan membuat contact point tertutup.

Dioda pemancar cahaya ( LED )

Beberapa semi konduktor digunakan secara efisien sebagai cahaya dioda ketika arus listrik dialirkan, dioda jenis ini disebut dioda pemancar cahaya atau LED konstruksi LED, sebuah LED kotak berukuran kira-kira 0,3 x 0,3 mm yang terbuat dari material semi konduktor, dibungkus oleh lensa resin ketika arus listrik dialirkan ke elektroda chip akan memancarkan cahaya LED memancarkan enerji elektrik langsung ke enerji lampu, sehingga efisien, selain itu arus listrik yang diperlukan sedikit berkemampuan tinggi dan sangat peka.
SANGAT PENTING UNTUK DIKETAHUI FUNGSI METERAN DAN UKURAN PADA SEPEDA MOTOR | admin | 4.5