Sistem Pemasukan Rotary Valve Menurut Ahli Otomotif Motor

Sistem Pemasukan Rotary Valve Menurut Ahli Otomotif Motor

Sistem Pemasukan Rotary Valve Menurut Ahli Otomotif Motor – Mesin type ini, lubang pemasukan berada pada dinding crankcase, lubang ditutup dan dibuka oleh piringan ( rotary valve ) digerakkan oleh poros engkol. Dalam sistem ini pemasukan campuran tidak mempunyai hubungan langsung dengan gerakan piston, lubang port timing dapat disetel dengan merubah bentuk cut away piringan sehingga prestasi mesin dapat diperbaiki.

Ukuran lubang pemasukan dapat diperlebar dan selanjutnya, lubang pemasukan dapat dibuka lebih awal sehingga efficiency pemasukan dapat ditambah lagi, juga memungkinkan untuk mengurangi hembusan kembali campuran ke karburator dengan menutup lubang lebih awal, dengan demikian tekanan kompresi pertama dapat ditambah juga.

Karena tanpa lubang pemasukan didalam cylinder dengan demikian, memudahkan untuk menambah lubang transfer tambahan ( lubang transfer ketiga ) hingga gas segar langsung ke lubang buang untuk menambah efficiency pembilasan.

Sewaktu campuran dilangsungkan mengalir ke dalam crankcase, akan mengurangi hambatan-hambatan, hingga dapat menambah tenaga dan torsi mesin, untuk putaran rendah pemakaian bahan bakar lebih hemat.

  1. Pemasukan ( dalam crankcase ) compression ( dalam cylinder )
  2. Kerja ( dalam cylinder ) compression ( dalam crankcase )
  3. Pembuangan
  4. ( pembuangan ) pembilasan

Type rotary valve, port timing dan prestasi

Dalam sistem pemasukan rotary valve pemasukan port timing dapat disetel dengan bebas, pada gerakan piston. Dalam kata lain, memungkinkan menyetel kesetabilan membukanya lubang pemasukan lebih lama dari pada sistem pemasukan piston valve sehingga hembusan balik dapat dicegah.

Tetapi lubang pemasukan di crankcase harus dibuka dan ditutup secara mekanik seperti mesin piston valve, oleh karena itu piringan harus sedikit dipotong untuk membuat prestasi mesin yang lebih baik, tetapi jika mesin dirubah dari ketentuan tidak akan mendapatkan prestasi mesin yang lebih besar.

Sistem Pemasukan Rotary Valve Menurut Ahli Otomotif Motor

Misalnya jika pemasukan port timing disetel dalam kecepatan rendah dan menengah akan timbul problem seperti berikut :

  • Lubang pemasukan mulai tertutup sementara gaya inersia yang kuat dari campuran masih tertinggal atau lubang pemasukan tertutup terlambat sedangkan tekanan dalam crankcase masih negative. Seperti keterangan diatas mesin rotary valve masih ada problem dalam langkah pemasukan, oleh karena itu tujuan memperbaiki sistem pemasukan rotary valve dengan menambah efficiency pemasukan dan efficiency pembilasan.

Demikianlah pembahasan mengenai Sistem Pemasukan Rotary Valve Menurut Ahli Otomotif Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Sistem Pemasukan Rotary Valve Menurut Ahli Otomotif Motor | admin | 4.5