Pengapian Ac Dengan Magnet Flywheel

Pengapian Ac Dengan Magnet Flywheel – Dalam sistem ini arus AC terinduksi di source koil yang terdapat magnet yang berputar disekitarnya dalam contac breaker yang mengontrol arus ke ignition kecil.

Pengapian Ac Dengan Magnet Flywheel

Pengapian Ac Dengan Magnet Flywheel

Cara kerja

Flywheel magnet yang berputar disekitar source koil menghasil menghasilkan arus AC, saat intensitas arus tertinggi, contact point terbuka dibarengkan putaran camshaft, sehingga arus terputus dan flux magnetic berubah secara tiba-tiba di inti besi coil dan dihasilkan tegangan induksi sendiri sebesar 200-300 V.

Karena tegangan ini ada gulungan primer kecil, maka pada gulungan sekunder dihasilkan tegangan 10 KV–20 KV oleh “ mutual induction ” sesuai dengan ratio gulungan sekunder dan primary tegangan tersebut menghasilkan pijaran api di busi.

Di kedua sistim pengapian dengan battery maupun dengan tegangan AC dengan magnet fly wheel, contact breaker terbuka dan tertutup untuk memutus sambungan arus ke gulungan primer. Karena contact breaker digerakan secara mekanis oleh cam, masalah kerap muncul.

Contohnya menipisnya tumit platina, melemahnya per timing yang tidak tepat pada putaran tinggi (nembak) dan lain-lain. Api busi yang kuat tidak dapat dihasilkan pada saat yang tepat jika jarak gap dan atau timing pengapian tidak tepat atau pada hambatan oleh trisnya meningkat, karena itu memferance yang regular diperlukan.

Sistim pengapian “point less” telah dikembangkan untuk mengurangi masalah-masalah tersebut diatas/dari contact breaker, sistem ini menyalurkan dan memutuskan arus ke gulungan primer secara “ elektris ”.

Contoh sistim pengapian poin less ini adalah CDI system dan transistor ignition system, karena port yang bergerak dikurangi pada sistim ini, semua masalah yang disebutkan diatas dapat terpecahkan keuntungannya adalah besarnya pengapian yang stabil dan tidak diperlukan perawatan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengapian Ac Dengan Magnet Flywheel semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Pengapian Ac Dengan Magnet Flywheel | admin | 4.5