Tarikan Motor Berat? Ini Cara Mengatasinya

Inilah Kenapa Tarikan Motor Berat? Ini Cara Mengatasinya

Tarikan Motor Berat? Ini Cara Mengatasinya – Bagi pengendara yang mempunyai sepeda motor yang sudah kemakan usia pastinya sangat mengeluhkan kondisi tarikan motor yang berat saat diberjalan, sebenarnya kondisi yang seperti itu tidak terjadi bagi motor yang sudah usia tua saja tapi juga bagi kondisi motor yang berusia muda juga ketika saat tarik tuas gas motor akan terasa berat. Dari masalah yang terjadi tersebut banyak penyebab masalah itu terjadi berikut beberapa motor tarikan menjadi berat yaitu :

Pergantian Oli yang Tidak Teratur

Saat ganti oli yang begitu lama pastinya menyebabkan sistem pelumasan bagian-bagian mesin tidak sempurna sehingga dapat menyebabkan tarikan motor bisa menjadi berat dan bahkan motor juga mesinnya lebih cepet panas biasanya kondisi tersebut banyak dialami pada motor usia yang masih muda.

Busi Mulai Rusak

Saat kondisi busi yang sudah terlalu lama otomastis pada sistem pengapian sepeda motor tidak maksimal saat bekerjanya hal tersebut juga dapat menyebabkan tarikan sepeda motor terasa berat juga.

CDI

Pada sepeda motor tarikan berat juga bisa dari komponen CDi karena CDI yang tugasnya untuk mengatur supply pengapian yang dibutuhkan motor tersebut apabila pada komponen tersebut sudah mulai ada kerusakan lebih baik mengganti agar kondisi pada sistem pengapian dapat optimal kembali.

Karburator

Pada komponen karburator apabila kemasukan air waktu mencuci motor waktu menyiram air terlalu banyak sehingga masuk kebagian karburator atau spuyer-spuyer ketutup dengan kotoran juga dapat mempengaruhi tarikan menjadi berat juga, karburator yang difungsikan untuk percampuran bahan bakar dan udara yang dibutuhkan mesin untuk itu tidak boleh ada yang menghalangi saat terjadi proses pencampuran tersebut, untuk mengatasinya yaitu dengan diservis atau dibersihkan bagian-bagian yang terkena air atau kotoran.

Oli Kebanyakan

Oli yang terlalu banyak yang melebihi kapasitas mesin juga mempengaruhi tarikan motor menjadi berat untuk itu saat pergantian oli waktu saat mengisi sesuaikan kapasitas oli pada mesin.

Penerus Gerakan (Rantai Atau V-belt)

Tenaga mesin diteruskan ke roda belakang baik itu rantai atau v-belt apabila komponen tersebut karena sudah terlalu lama tidak diganti otomatis juga mempengaruhi tarikan berat pada motor tersebut.

Kepala Silinder

pada kepala silinder terkadang terdapat kotor atau kerak sisa pembakaran yang tidaka sempurna hal tersebut juga mempengaruhi tarikan menjadi berat dan juga mempengaruhi mesin menjadi panas untuk mengatasi hal tersebut bongkar bagian head dan bersihkan kerak atau kotoran tersebut menggunakan sekrap atau amplas kasar.

Kurangnya Perawatan Motor

pada motor baik yang sudah lama atau pun masih baru apabila kurangnya perawatan juga mempengaruhi tarikan motor menjadi berat untuk itu selalu periksa dengan diservis agar kondis motor tetap prima kembali tampa ada hambatan atau halangan saat dikendarai dan membuat nyaman pengendaranya.

Demikianlah pembahasan mengenai Tarikan Motor Berat? Ini Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagia anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Tarikan Motor Berat? Ini Cara Mengatasinya | admin | 4.5