Ternyata Ini!! Penyebab Mesin Motor Tidak Mau Hidup Dan Cara Memperbaikinya

Ternyata Ini!! Penyebab Mesin Motor Tidak Mau Hidup Dan Cara Memperbaikinya – Bagi yang mempunyai kendaraan sepeda motor baik itu motor 4 tak maupun 2 tak terkadang tiba-tiba ada masalah saat motor sedang digunakan kadang kala motor tersebut mengalami tidak mau hidup dengan begitu pastinya menghambat perjalanan kita.

Untuk mengatasi motor yang bermasalah tersebut langkah awal yang perlu untuk diperiksa yaitu yang pertama pada sistem pengapian dan sistem saluran pada bahan bakar apakah normal atau tidak apabila dua bagian tersebut dalam kedaan atau kondisi baik saja.

Maka kerusakanya buka dari dua bagian tersebut tapi kerusakan dapat disimpulkan dari bagian mesinnya itu sendiri,,, untuk masalah mesin kemungkinan mengalami kesulitan tinggal bawa kepada yang ahlinya saja,,,hehehe postingan ini ane akan membahas masalah pada bagian dua yang tadi….

Sistem pengapian

Yang pertama pastinya terlebih dahulu buka komponen pengapian yaitu busi sepeda motor sampeyan kemudian pasang kembali ke kabel businya setelah itu tempelkan beri jarak 1 cm dari kepala silinder selanjutnya kunci kontak dalam kedaaan ON setelah itu engkol apakah timbul atau keluar percikan bunga api atau tidakanya.

Jika ada percikan api bersihkan busi tersebut dengan ampelas,,, dan apabila tidak ada api ane sarankan bawa ke ahlinya saja, masalah tersebut bisa terjadi karena rusaknya ignition coil – kabel sircuit – CDI – dan spull sebagai arus listrik.

Sistem saluran bahan bakar

  • Pertama-tama lihat apakah bahan bakar atau bensin pada motor sampeyan yang ada di tangki masih ada apa tidak.
  • Apabila masih ada selanjutnya periksa pada bagian selang bensin dan selang vakum untuk selang bensin dan selang vakum biasanya sering terjadi retak atau robek sehingga bensin dari tangki tidak mengalir ke karburator.
  • Apabila pada selang atau vacuum masih dalam kondisi baik sampeyan bisa melakukan ke pengecekan pada filter udara, apabila perjalanan sampeyan dalam kondisi hujan biasanya air hujan ada kemungkinan ikut tersedot ke bagian pemasukan udara yang masuk ke karburator, kalau air hujan tersebut menutupi permukaan filter udara maka tidak ada udara yang masuk sehingga sepeda motor tersendat-sendat bahkan bisa fatal yaitu motor bisa mati.
  • Seandainya filter udara tersebut masih kedaan baik/kering maka pemeriksaan terakhir yaitu ke komponen karburator disini bagi yang bisa bongkar karbu, langsung saja bongkar tetapi untuk bagi yang tidak bisa membuka karburator ada solusinya yaitu untuk jenis moped adan sport bisa di buka atau dikuras lewat pembuangan yang terdapat dibawah karburator pada motor tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini!! Penyebab Mesin Motor Tidak Mau Hidup Dan Cara Memperbaikinya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

Ternyata Ini!! Penyebab Mesin Motor Tidak Mau Hidup Dan Cara Memperbaikinya | admin | 4.5