Ternyata Ini Penyebabnya!!, Saat Memindah Gigi Motor Seperti Mau Lompat

Ternyata Ini Penyebabnya!!, Saat Memindah Gigi Motor Seperti Mau Lompat

Ternyata Ini Penyebabnya!!, Saat Memindah Gigi Motor Seperti Mau Lompat – Bagi pengguna motor bebek yang memakai kopling otomatis, yang sudah cukup lama digunakan atau sudah berumur biasanya ada keluhan motor tersebut misalnya saat pemindahan gigi motor tersebut seperti selip.

Hal tersebut terjadi setelah perpindahan gigi terutama pada gigi satu pindah ke gigi dua apalagi terasa sekali saat boncengan atau saat membawa beban yang berat motor terasa seperti melompat, hal tersebut disebabkan oleh kopling pertama atau sepatu kopling (clutch shoe) dan rumah sepatu kopling (clutch drum), yang sudah aus/habis hal tersebut terjadi bagi motor yang memakai kopling otomatis.

MEMINDAH GIGI MOTOR
Memindah Gigi Motor

Seperti yang terjadi pada motor kawan ane yaitu motor smash 110 kawan ane mengeluh tunggangan besinya bermasalah saat waktu pandah gigi dan boncengan terasa melompat, setelah pada bagian cover kopling di bongkar ternyata pada bagian kopling otomatisnya sudah mulai tipis sepatu/prodonya dan kondisi rumah/loncengannya juga sudah baret sudah dalam.

Pada gambar dibawah ini kondisi rumah kopling sudah tampak mengalami keausan/baret yang sudah dalem baretnya, ini yang menyebabkan motor kawan ane tersebut seperti terasa melompat karena antara sepatu kopling dengan rumah kopling sudah selip.

Apabila kondisi sepatu kopling sudah tipis/aus atau juga sudah mau habis pastinya sangat berpengaruh terhadap kondisi selip dan bahkan juga dapat mempengaruhi kinerja motor yang berkurang.

Untuk mengatasi hal tersebut bagi untuk rumah kopling bisa di akali dengan menambah daging bawa ke tukang bubut agar kembali seperti semula lagi cukup mengocek 60 – 70 ribu atau yang puya biaya yang cukup lebih baik ganti dengan yang baru tapi pastinya harga part tersebut lumayan.

RUMAH KOPLING
Rumah Kopling

Dan untuk sepatu kopling ganti dengan yang baru apabila sudah menipis atau sudah mau habis, maka disarankan lebih baik segeralah menggantinya dengan part yang baru agar kinerjanya tetap maksimal.

PRODO GANDA
Prodo Ganda

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini Penyebabnya!!, Saat Memindah Gigi Motor Seperti Mau Lompat semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Ternyata Ini Penyebabnya!!, Saat Memindah Gigi Motor Seperti Mau Lompat | admin | 4.5