[Tips Ampuh] Penyebab Gas Motor Nyangkut Dan Cara Mengatasinya

teknikotomotif.com – Saat sepeda motor sedang digunakan atau sedang berjalan tiba-tiba saat buka putaran tinggi motor mengalami masalah yaitu gas nyangkut atau tidak mau balik lagi, otomatis suara motor yang timbul mengaung atau berteriak kencang yang otomatis mengganggu sekali dan patinya membuat panik campur gelisah deh.
cara mengatasi gas motor macet

[Tips Ampuh] Penyebab Gas Motor Nyangkut Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gas Nyangkut

Pastinya ada penyebab kenapa gas pada motor tersebut nyangkut atau tidak mau balik lagi, diantaranya yaitu:

Hal Yang Pertama

Pertama yaitu kita cek choke yang ada distang sebelah kiri pada motornya, kemungkinan saat pagi hari saat dipanaskan motornya lupa menariknya ke posisi semula, kalau tuas tersebut tertarik pastinya membuat pasokan bahan bakar ( bensin ) terlalu banyak alias boros dan bikin putaran mesin meninggi.

Hal Yang Kedua

Kedua periksa bagian tali gas kemungkinan karena sudah lama tidak di ganti otomatis bermasalah juga, kemungkinan seret kelamaan di sarung gasnya kalau tidak segera diperbaiki dengan diberi pelumas , serabut kabelnya akan mengalami lebih fatal yaitu bisa putus itu juga yang mempengaruhi kabel gas seret.

Apabila bagian tersebut sudah diberi pelumas ternyata masih seret juga jangan ambil kesimpulan terlebih dahulu ganti, tapi periksa buka selongsong grip gas, nah disitu juga mempengaruhi masalah ada kotoran dan akhirnya jadi karat, kotoran yang masuk melalui sela-sela grip gas ini yang jadi pengganjal.

Langsung bersihkan selongsongan gas tersebut dan ruang pemutar tali gas, kalau pipa pada setang yang jadi bagian didekap selongsongan boleh menggunakan amplas halus, bila sudah lalu lumasi lagi pada bagian tersebut dengan oli agar supaya licin, selain karena seret faktor air hujan juga bisa jadi timbulnya karat, intinya kebersihan tali gas dan gripnya harus tetap terjaga.

Hal Yang Ketiga

Yang ketiga yang menjadi penentunya yaitu throttle valve atau biasa disebut dengan piston skep pada karbu, skep ini juga sangat berpengaruh sekali salah satu penyebab gas motor nyangkut, misalnya pada skepnya mengalami baret yang terjadi pada dinding skep, kalau sudah baret sulitnya membuka dan menutup udara yang masuk ke lubang venturi.

Cara mangatasinya dengan menggunakan amplas halus dengan cara perlahan, setelah selesai di amplas bersihkan dengan menggunakan bensin, setelah itu pasang kembali dengan cara yang benar jika sudah cek mur pada kable gas disetel dengan benar buak karet pelindung dan pakailah kunci pas 8 mm untuk membuka mur yang sedikit panjang dan satu lagi mur pendek yang bisa diputar pakai kunci pas 10 mm pastikan untuk mengatur jarak main gas saat selongsong grip gas diputar. Semoga dapat membantu motor sampean apabila ada masalah yang seperti itu.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Penyebab Gas Motor Nyangkut Dan Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

 

[Tips Ampuh] Penyebab Gas Motor Nyangkut Dan Cara Mengatasinya | admin | 4.5