2 Jenis Kopling Yang Wajib Kamu Tahu “Menurut Ahli Otomotif”

2 Jenis Kopling Yang Wajib Kamu Tahu “Menurut Ahli Otomotif” – Kopling pada kendaraan sangatlah penting khususnya untuk sepeda motor, kopling adalah komponen atau alat yang mempunyai fungsi sebagai penghubung dan juga pemutus tenaga saat putaran mesin pada sepeda motor dari poros engkol ke gear box yang selanjutnya diteruskan ke roda belakang pada sepeda motor.

2 Jenis Kopling Yang Wajib Kamu Tahu "Menurut Ahli Otomotif"

2 Jenis Kopling Yang Wajib Kamu Tahu “Menurut Ahli Otomotif”

Untuk letak posisi kopling pada motor umumnya ada di sisi sebelah kanan dari mesin sepeda motor. Sistem kopling tersebut inilah yang dapat mampu menggerakan sepeda motor tersebut dapat berjalan.

Kopling Otomatis Dan Manual

Dari cara kerjanya kopling dibagi dua jenis yaitu jenis kopling otomatis dan jenis kopling manual. Untuk jenis kopling otomatis adalah kopling yang bekerjanya berdasarkan pada gaya sentrifugal, prinsip kerjanya yaitu berdasarkan putaran dari mesin sepeda motor tersebut, proses tranmisi putaran mesin menjadi sebuag tenaga ini tergantung pada putaran mesinnya itu sendiri.

Makin tinggi putaran mesin maka kopling juga akan semakin kuat untuk menekan secara sentrifugal ( gaya tekan arah luar dampak putaran buat menekan plat kopling ). Jadi bagi pengendara tidak perlu susah melakukan pemindah gigi kopling.

Kopling sentrifugal ibarat seperti kembang yang sedang mekar apabila belum mengembang maka plat-plat kopling saling merapat maka setelah ada putaran yang tinggi plat-plat tersebut semakin merenggang atau mekar. Kondisi merenggang antara plat itulah yang dimanfaatkan buat memindahkan putaran mesin sepeda motor tersebut.

Namun plat-plat kopling tersebut letaknya didalam rumah kopling maka merenggangnya kopling menekan rumah kopling tersebut dan terjadilah yang namanya perpindahan tenaga. Pada saat kopling otomatik sentrifugal sedang menjadi favorit berbagai merek motor. Seperti Yamaha mio, Honda vario, dan Suzuki skywave.

Jenis kopling kedua ialah kopling manual prinsip kerjanya antagonis denga kopling otomatis, saat putaran mesin motor lambat maka plat kopling dengan kanvas masih saling merenggang sehingga putaran mesin sepeda motor belum menghubungkan antara tranmisi ke roda belakang. Kopling manual ini diterapkan banyak di sepad motor seperti Honda supra, Suzuki shogun, dan Yamaha Jupiter dan lain-lain.

Kopling Basah, Kopling Kering Dan Kopling Licin

Dari berdasarkan pelumasan yang secara generik ada tiga tipe kopling yaitu kopling basah ( wet clutch ), kopling kering ( dry clutch ) dan kopling licin ( silippery clutch ). Untuk kopling basah adalah jenis yang paling banyak digunakan pada motor saat ini. Kopling tersebut memiliki keunggulan dalam hal kemudahan dan perawatan dan juga biaya operasional murah. Kopling ini sangat cocok untuk motor yang dipakai harian.

Untuk kopling kering biasa digunakan untuk motor yang berukuran besar, kopling tersebut sangat cocok dibebani oleh beban yang berat. Kopling ini memliki kelemahan yaitu rentan terhadap air, debu dan oli. Apalagi pada kondisi hujan seperti saat ini harus waspada bagi yang mempunyai motor besar, harus rajin melakukan pngecekan dan perawatan. Dan yang terakhir kopling licin jenis ini sangat cocok digunakan pada motor balap karena pada kopling licin dikhususkan di buatnya untuk mengatasi selipnya roda motor saat kondisi atau berada di jalan menikung.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 Jenis Kopling Yang Wajib Kamu Tahu “Menurut Ahli Otomotif” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

2 Jenis Kopling Yang Wajib Kamu Tahu “Menurut Ahli Otomotif” | admin | 4.5