5 Penyebab Utama, Aki Sepeda Motor Cepat Mengalami Rusak

teknikotomotif.com – Aki motor merupakan komponen yang sangat penting di sepeda motor karena aki merupakan sumber arus listrik yang diperlukan untuk kebutuhan bagian motor yang memerlukan arus listrik. Apabila komponen aki tersebut sebelum mengalami masalah maka dari itu selalu merawat atau selalu mengecek agar tidak ada masalah saat mau digunakan kendaraan tersebut.
5 Penyebab Utama, Aki Sepeda Motor Cepat Mengalami Rusak

5 Penyebab Utama, Aki Sepeda Motor Cepat Mengalami Rusak

Nah dibawah ini yang menyebabkan aki pada motor cepat rusak sebagi berikut :

1. Memasang lampu seperti HID

Yang perlu diketahui memasang lampu HID memerlukan suplai atau pasokan listrik yang sangat besar untuk dapat menyalakan lampu tersebut, apabila kebutuhan listrik tersebut tidak dapat mencukupi aki dengan baik maka akibat yang timbul malah akan tekor oleh karena itu untuk penggantian lampu sepeda motor sebaiknya disesuaikan dengan pengisian baterai agar umur aki bisa bertahan cukup lama.

2. Memasang klakson sembarangan

Memasang klakson yang sembarangan juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada aki yang dilakukan secara asal-asalan. Dengan maksud supaya suara klakson kuat bunyinya spesifikasi klakson yang digunakan tidak sesuai dengan tenaga yang dimilki aki hal ini tentu saja, dapat mneyebabkan kerusakan aki tersebut, modifiksi atau merubah yang sembarangan seperti ini pastinya tidak dianjurkan karena piranti tersebut akan sangat menguras habis energy yang tersimpan di aki dengan cepat.

3. Lampu rem menyala terus

Pada bagian ini lampu rem atau stop lamp yang menyala terus menerus walaupun tidak ditekan juga bisa dapat merusak aki kendaraan secara perlahan-lahan, hal ini biasanya disebabkan rusaknya komponen pada komponen switch rem jika hal ini tidak segera diperbaiki buka tidak mungkin arus listrik dari aki tersebut akan mengalir terus dan dapat menyebabkan aki tersebut mengalami cepat soak dan rusak.

4. Komponen kiprok telah rusak

Jika komponen kiprok sepeda motor sedah rusak maka aki akan mengalami overcharging atau sebaliknya maka dari itu untuk perlu dilakukan pengecekan kiprok yang secara berkala agar untuk memastikan pengisian listrik pada aki berjalan normal caranya yaitu nyalakan mesin antara 4000-5000 rpm kemudian cek tegangan pengisian aki tersebut aki yang baik pastinya akan memiliki tegangan pengisian yang berkisar 14-15 volt.

5. Di-bore up

Bagi sepeda motor yang dibore up yang tidak diikuti upgrade komponen elektrik starter juga bisa menyebabkan aki menjadi tekor, hal ini terjadi karena kompresi terlalu tinggi sehingga kerja elektrik starter semakin bertambah berat untuk memutar mesin apabila hal ini terus dibiarkan akibatnya aki pun mengalami kerusakan.
Demikianlah pembahasan mengenai 5 Penyebab Utama, Aki Sepeda Motor Cepat Mengalami Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

 

5 Penyebab Utama, Aki Sepeda Motor Cepat Mengalami Rusak | admin | 4.5