Bisakah Oli Mobil Dipakai Di Motor? Ini Penjelasan Lengkapnya

teknikotomotif.com – Terkadang ada sebagian pemilik kendaran bertanya-tanya apakah bisa oli mobil dapat digunakan untuk kendaran pada sepeda motor !!! sebelum itu kita harus bisa membedakan dulu mana kopling kering mana yang basah.
OLI MOBIL DIPAKAI DI MOTOR
OLI MOBIL DIPAKAI DI MOTOR

Bisakah Oli Mobil Dipakai Di Motor? Ini Penjelasan Lengkapnya

Untuk roda empat atau mobil sebagian besarnya menggunakan kopling kering atau yang terendam dengan cairan yang berpelumas dan pada motor matic atau skutik juga demikian pula, lain halnya motor skutik jenis tersebut dilengkapi dengan sistem kopling basah.

Untuk sistem yang berkopling basah prinsipnya dia licin pelumas malah semakin baik, tetapi beda dengan sistem kopling yang kering tidak demikian, pelumas dengan tingkat kelician malah justru tinggi kelician nya malah kopling tersebut bisa selip dan tenaga pada mesin tersebut tidak tersalur dengan baik.

Kembali lagi kepertanyaan yang awal bisa atau tidaknya oli mobil dapat digunakan pada sepeda motor tergantung sistem koplingnya, dengan demikian oli mobil dapat digunakan pada motor yang jenis matic atau skutik tapi tidak bisa digunakan untuk motor yang bukan matic atau skutik.

Karena motor skutik atau matic umumnya menganut sistem kopling kering maka pengguna motor bisa dengan bebas memilih pelumasnya bahkan menggunakan pelumas mobil yang terbaik maupun yang termahal sekalipun.

Untuk menambahan disesuaikan pula antara spesifikasi pelumas dengan spesifikasi mesin, hal ini dapat diketahui dengan cara melihat SAE ( Society Of Automotive Engineers ) serta API servisnya. Jadi apabila motor anda buka motor non matic jangan sekali-kali mencoba gunakan oli mobil, jika ingin awet motornya maka gunakan sistem pelumas yang memang dikhususkan untuk motor itu sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai Bisakah Oli Mobil Dipakai Di Motor? Ini Penjelasan Lengkapnya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Bisakah Oli Mobil Dipakai Di Motor? Ini Penjelasan Lengkapnya | admin | 4.5