Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Pada Sepeda Motor

Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Pada Sepeda Motor

Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Pada Sepeda Motor – Kebanyakan pemilik kendaraan pastinya sudah tahu nama komponen ini yakni kaca spion yang digunakan untuk melihat kanan dan kiri saat dikendarain. Baik itu pada sepeda motor maupun mobil fungsi kaca spion sangatlah vital. Sebagian orang mungkin meremehkan atau menggampangkan keberadaan kaca spion pada kendaraan tersebut namun bagi yang sadar akan pentingnya keberadaan kaca spion ini harusnya bisa untuk melakukan perawatan dan pembersihan dengan secara berkala agar fungsi spion tersebut bisa optimal.

Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Pada Sepeda Motor

Untuk di Indonesia sendiri yang memiliki iklim tropis yakni hujan dan panas silih berganti, terkadang kurangnya perawatan pada kaca spion akan membuatnya cepat buram dan tidak bisa memberikan fungsi yang maksimal saat digunakan untuk melihat disituasi kendaraan dibelakang dan selain itu debu yang menempel yang dilap begitu saja tanpa perhitungan malah terkadang dapat membuat kaca spion baret atau tergores. Hal ini malah dampaknya saat digunakan untuk melihat situasi kendaraan dibelakang pada malam hari, pancaran lampu terlihat pecah dan tidak jelas.

Karena itu untuk menjaga agar spion tersebut dapat berfungsi dengan optimal perlu untuk melakukan perawatan dan pembersihan dengan teratur khususnya pada kondisi musim hujan dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu untuk dilakukan yaitu :

Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Pada Sepeda Motor

Kondisi hujan akan membuat banyak lumpur dijalan cipratan lumpur bisa mengenai kaca spion meski sangat jarang, jika spion kendaraan terkena lumpur hal ini jangan dibiarkan sampai kering. Apabila terlanjur kering karena lupa tidak dibersihkan akan semakin sulit untuk dihilangkan lumpur tersebut yang sudah terlanjur mengering lakukan cara khusus selain menggosok, yakni cukup dengan cipratkan air sabun ke spion tersebut yang terkena kemudian diamkan beberapa saat lalu gosok dengan perlahan bagian sampai lumpur terlepas dan bersih.

Terkena air hujan bisa menyebabkan karat pada motor untuk gerak spion, karat menjadikan spion sulit digerakkan dan diatur, untuk membersihkan karat yakni dengan cara melepas spion lalu bersihkan rongga gerak spion tersebut dengan menggunakan kuas kecil apabila masih sulit bisa menggunakan amplas dengan cara menggosoknya secara perlahan jika sudah diras bersih pasang kembali spion tersebut.

Terkena bercak air memang sering muncul pada spion, kendaraan terkena hujan. Cara bisa dilakukan untuk membersihkan yaitu dengan campuran vinegar dan air dengan ukuran perbanding 2 : 1 sebab vinegar merupakan zat asam yang aman untuk spion.

Sering kali membiarkan spion kendaraan terkena air hujan jangan sampai lama untuk membiarkannya karena walaupun kendaraan Cuma terkena sedikit air hujan atau gerimis jika dibiarkan bisa berakibat fatal. Minimal apabila kendaraan terkena air gerimis bisa langsung dilap dengan menggunakan kain kanebo. Jika cuaca sudah kelihatan akan turun hujan ada baiknya kendaraan ditaruh ditempat yang aman dari percikan air hujan.

Demikinlah pembahasan mengenai Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

 

Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Pada Sepeda Motor | admin | 4.5