Ini Cara Yang Benar Mengisi Dan Mengganti Air Radiator Motor

teknikotomotif.com – Bagi sepeda motor yang memakai sistem pendingin seperti radiator pastinya cara perawatan motor tersebut lebih diperhatikan lagi agar kondisi motor tersebut tetap maksimal kinerjanya saat mau dihunakan atau dipakai. Pendingin cair atau radiator pada sepeda motor yang memiliki fungsi yang sama juga seperti mobil. Radiator bertuhas menjaga suhu mesin agar tetap berada pada suhu dibawah 80 derajat celcius.
 MENGISI DAN MENGGANTI AIR RADIATOR MOTOR

Ini Cara Yang Benar Mengisi Dan Mengganti Air Radiator Motor

Air radiator atau water coolant direkomendasikan untuk selalu diganti setiap 12.000 km sekali, penggantian air radiator sepeda motor seperti Honda vario dapat dilakukan dibengkel resmi terdekat ataupu dilakukan dengan sendiri.

Tidak sulit untuk mengganti aira radiator atau coolant dengan yang baru apabila bagi pemilik motor yang belum pernah untuk mengganti sendiri, simak dan perhatikan langkah-langkah berikut ini :

Cara mengganti air radiator

  • Siapkan terlabih dahulu 2 buah botor coolant 500 ml
  • Cairan pendingin atau coolant ini dapat anda dapatkan di bengkel resmi atau di toko-toko jual onderdil terdekat, dengan harga kurang lebih Rp 20 ribu untuk setiap botolnya.
  • Buka cover radiatorDengan menggunakan alat atau kunci T-8 lepas baut pengunci cover radiator pada motor tersebut misalnya motor vario 125, lalu siapkan terlebih dahulu wadah untuk menampung air radiator yang akan dikuras baru kemudian lepaskan baut pembuangan dengan menggunakan kunci bintang 5 dan jangan lupa lepaskan juga tutup radiator agar airnya lancar saat mengalir.
  • Isikan air radiator atau coolant yang baruSetelah air radiator tersebut terkuras habis kemudian pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan coolant sampai penuh setelah itu pasanga kembali tutup radiatornya.
  • Isi reservoir tank atau tabung cadangan dengan coolantDisini yang perlu untuk diperhatikan yakni batas ketinggian dalam tabung cadangan di usahakan tidak melebihi batas upper pada tabung cadangan tersebut.

Selalu menjaga dan memperhatiin motornya bagi pemilik yang memakai air radiator agar kondisi motor tersebut tetap nyaman saat digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Ini Cara Yang Benar Mengisi Dan Mengganti Air Radiator Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak  atas kunjungannya.

Baca Juga :

Ini Cara Yang Benar Mengisi Dan Mengganti Air Radiator Motor | admin | 4.5