Cara Paling Mudah Dan Simpel Mengatasi Rem Cakram Motor Masuk Angin

teknikotomotif.com – Bagi kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua sistem pengereman bagi kendaraan sangatlah penting yang tidak boleh untuk diabaikan, rem pada kendaraan berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan tersebut, dengan adanya perangkat ini pengguna pengendara dapat terhindar dari yang tidak diinginkan seperti tabrakan.
Cara Paling Mudah Dan Simpel Mengatasi Rem Cakram Motor Masuk Angin

Cara Paling Mudah Dan Simpel Mengatasi Rem Cakram Motor Masuk Angin

Dengan begitu selalu menjaga kondisi rem sebab sama halnya dengan komponen kendaraan lainnya prinsip rem juga akan menurun seiring dengan pemakaian kendaraan tersebut dalam waktu lama apabila hal tersebut tidak segera ditangani pastinya dapat membahayakan bagi pengendaranya.

Seperti yang diketahui ada tiga jenis rem kendaraan yaitu rem cakram, rem tromol dan rema angin. Kebanyakan produsen kendaraan roda dua yang menyematkan rem jenis cakram pada motornya kelebihan dalam daya pengereman lebih baik dibandingan dengan rem tromol, membuat produsen motor beralih ke rem cakram.

Rem cakram merupakan sistem yang lazim digunakan pada kendaraan modern, re mini bekerja dengan cara menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan untuk menjepit cakram atau piringan digunakan kaliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong kampas ke cakram atau piringan.

Tidak selamanya rem cakram terbebas dari masalah ada kalanya pengguna mengeluhkan sistem rem cakram pada kendaraannya permasalahan yang timbul ialah pengendara justru harus mengeluarkan tenaga yang banyak untuk menekan rem tersebut. Dengan begitu pastinya membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Untuk mengatasi masalah tersebut terjadi karena gejala masuk angin berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu :

  • Yang pertama kendorkan terlebih dahulu baut yang menempel perapat slang rem yang terdapat pada master rem.
  • Saat sedang mengendorkan hindari untuk menekan pedal rem biarkan minyak rem tersebut merembes di sekeliling nepel, sebagai indikasi runag master dipenuhi dengan minyak rem.
  • Setelah itu rapatkan kembali, perlu diperhatikan saat melakukan langkah tersebut posisi reservoir harus terbuka.
  • Selanjutnya memompa pedal rem dengan cara berulang-ulang sambil menahan tekanan pedal lalu kendorkan secara singkat nepel slang rem pada caliper hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa angin yang terjebak pada jalur minyak rem di slang rem dapat dikeluarkan semua, cara ini dinyatakan berhasil dengan baik jika muncratan atau cipratan minyak rem dari celah nepel mempunyai tekanan yang kuat.

Dengan menggunakan cara ini memanfaatkan anda tidak perlu lagi melakukan bleeding jalur minyak rem melalui baut nepel 8 mm seperti yang biasa dilakukan pada umumnya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan angin didalam jalur minyak rem menjadi lebih singkat dan dipastikan pedal rem jadi lebih empuk.

Demikianlah pemabahasan mengenai Cara Paling Mudah Dan Simpel Mengatasi Rem Cakram Motor Masuk Angin semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

Cara Paling Mudah Dan Simpel Mengatasi Rem Cakram Motor Masuk Angin | admin | 4.5