Cara Paling Simpel, Mengetahui Perbedaan Kampas Rem Asli Dan Palsu

Inilah Cara Paling Simpel, Mengetahui Perbedaan Kampas Rem Asli Dan Palsu

Cara Paling Simpel, Mengetahui Perbedaan Kampas Rem Asli Dan Palsu – Bagi kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil banyak sekali komponen, karena setiap komponen memliki perawatan dan perbaikan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dan juga komponen dari kendaraan tersebut memilki masa pemakaiannya terkadang komponen tersebut mengalami kerusakan atau masa pemakaian yang sudah waktunya atau habis sehingga bagi pemiliknya untuk diharuskan agar segera untuk menggantinya dengan komponen yang baru misalnya yaitu pada kampas rem.

Cara Paling Simpel, Mengetahui Perbedaan Kampas Rem Asli Dan Palsu

Pada komponen seperti kampas rem ini merupakan golongan atau bagian yang sering paling diganti dan bukan hanya itu juga kampas rem memiliki peranan atau fungsi sangat penting karena untuk menjaga keselamatan bagi pengendara tersebut. Karena itu bagi pemilki khususnya motor baru wajib atau harus selalu untuk memperhatikan dengan cermat kualitas kampas tersebut saat ketika hendak membelinya, karena bukanlah hal yang paling mudah untuk dapat membedakan onderdil atau part asli dari pabrikan dengan barang tiruan atau imitasi.

Apabila kalau sudah jadi dalam bentuk barang yang jadi, cukup mengalami kesulitan untuk membedakan dengan mata telanjang karena biasanya persis sama, dulu dari warnanya masih bisa membedakan tapi sekarang ini benar-benar sama.

Persamaan antara onderdil atau part yang asli dengan tiruan atau imitasi dikarenakan proses pembuatannya yang sama yaitu dari bahan dasar yang berwujud tepung yang kemudian dipadatkan lalu direkatkan dan dipanaskan. Maka dari itu lebih sulit bagi orang awan untuk dapat membedakan mana kampas yang asli dan mana kampas yang tidak asli. Hal ini hanya teknisi yang sudah puluhan tahun berpengalaman saja yang dapat mengetahuinya.

Biasanya bagi tim technical punya trik atau cara dank ode-kode tersendiri yang sulit untuk diketahui bagi konsumen misalnya paint indicator. Pada kampas rem asli pabrikan terdapat paint indicator hal ini bisa diketahui oleh quality control dan juga teknisi, warnanya beda-beda setiap produsen motor, Cuma kalau pada barang KW tidak ada.

Dianjurkan agar tidak tertipu dengan barang tiruan, caranya yaitu bagi para pemilik kendaraan membeli kampas rem di toko atau tempat sparepart yang menjadi supplier resmi produk produsen motor. Agar dinilai lebih mudah untuk dikontrol karena pada bagian kemasan atau wadah terdapat kode genuine parts segel dan juga ada stiker hologramnya pada kemasan tersebut. Di samping itu pula menggunakan parts asli atau tiruan juga sangat mempengaruhi kesehatan lingkungan secara umum sebab banyak barang tiruan yang dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang membahayakan baik untuk manusia ataupun bagi lingkungan sekitar.

Sebenarnya barang yang asali ataupun tidak asli sangat berkaitan erat juga dengan masalah lingkungan karena produsennya masih menggunakan bahan berbahaya untuk alam yaitu asbestos. Bahan tersebut sudah dilarang bagi semua manufaktur di beberapa Negara termasuk juga Indonesia, Cuma kalau produsen barang-barang nonorisinil masih menggunakannya.

Di pasaran terdapat empat jenis kampas rem bagi kendaraan yang pertama adalah kampas rem semi-metalik. Kampas re mini dikenal tahan lama dan memiliki transfer panas yang sangat baik akan tetapi tingkat keausan cakram lebih cepat dibanding dengan tipe lainnya. Berikutnya tipe non-asbes organik, kelebihan kampas rem ini adalah teksturnya yang lebih lunak sehingga rem tidak berbunyi tetapi tipe ini cenderung lebih cepat habis.

Yang ketiga ialah non-asbes organic dengan kandungan metal yang rendah, kelebihannya yaitu transfer panas yang lebihn baik namun kampas re mini lebih berisik dibanding dengan kampas rem non-asbestos regular karena memiliki kandungan logamnya.

Dan yang terakhir ialah kampas rem yang memiliki berbahan keramik, bahan ini merupakan yang terbaik karena pada umumnya kampasnya bersih dan tidak menimbulkan bunyi selain itu pengeremannya juga tidak akan merusak rotor, tapi dengan beberapa kelebihan tersebut anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih banyak untuk membelinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Paling Simpel, Mengetahui Perbedaan Kampas Rem Asli Dan Palsu semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

 

 

Cara Paling Simpel, Mengetahui Perbedaan Kampas Rem Asli Dan Palsu | admin | 4.5