Cara Sederhana Menghilangkan Bunyi Rem Pada Motor Yang Berisik

Inilah Cara Sederhana Menghilangkan Bunyi Rem Pada Motor Yang Berisik

Cara Sederhana Menghilangkan Bunyi Rem Pada Motor Yang Berisik – Bagi pemilik motor pastinya pernah di buat jengkel atau paling dengan motornya karena bunyi yang sangat berisik dari rem motornya, lalu bagaimana untuk mengatasinya hal tersebut caranya sangat mudah dan bisa dilakukan dengan sendiri jika memilki alat atau kunci untuk membongkar roda jika tersebut masih menggunakan rem tromol.

Masalah suara yang berisik tersebut ternyata juga dapat terjadi pada rem cakram, dari kedua jenis rem baik dengan cakram maupun tromol keduanya memilki sumber permasalahan yang sama sehingga dapat memicu timbulnya suara yang sangat mengganggu yaitu karena beberapa penyebab sebagai berikut :

Sebab Kotoran

Karena usia pemakaian kampas rem yang sudah memasuki setengah umur biasanya akan dapat merubah struktur permukaan kampas rem itu sendiri. Pada saat pengereman hal tersebut terjadi karena gesekan yang secara terus menerus sehingga akan tercipta serbuk halus yang membuat permukaan kampas dengan bisang cakram atau tromol menjadi sangat licin.

Dan juga selain daya cengkeram menurun, serbuk atau debu yang halus sisa kampas rem menjadikan sumber bunti yang sangat mengganggu telinga bahkan kadang bikin malu pengendaranya ketika dijalankan. Timbulnya kotoran juga dapat dipicu karena kondisi lingkungan seperti ketika berkendara pada musim hujan dan berdebu.

Untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara melepas bagian kampas rem untuk dibersihkan dengan cara menggosok permukaan kampas rem memakai amplas agar permukaan tidak terlalu licin lagi. Di usahakan melakukan dengan tingkat kerataan yang sama agar tidak bergelombang yang dapat membuat daya pengereman malah menurun.

Sudah tipis atau habis

Dengan keadaan yang dapati ternyata karena kampas rem sudah habis atau sudah tipis hal ini juga merupakan penyebab timbulnya suara berisik tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengganti sparepart yang baru, dan jangan pernah memilih komponen imitasi dengan harga yang lebih murah karena biasanya justru akan sangat mengecewakan hasilnya selain usia pakai yang relative lebih cepat habis.

Dan cepat aus khususnya untuk rem cakram, apabila kondisi piringan sudah tidak center juga dapat menyebabkan suara rem menjadi sangat berisik dan biasanya bergetar saat melakukan pengereman. Cara mengatasi hal ini dengan membubut permukaan cakram hingga didapatkan hasil yang rata dengan ketebalan masih memungkinkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Sederhana Menghilangkan Bunyi Rem Pada Motor Yang Berisik semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Cara Sederhana Menghilangkan Bunyi Rem Pada Motor Yang Berisik | admin | 4.5