Cara Service Karburator Motor Yang Baik Dan Benar

Cara Service Karburator Motor Yang Baik Dan Benar

Cara Service Karburator Motor – Bagi pengguna kendaraan baik di mobil maupun sepeda motor pastinya sudah banyak mengetahui yang namanya karburator, komponen ini merupakan salah satu komponen yang sangat vital. Untuk fungsi karburator sendiri yakni untuk menyatukan atau mencampurkan bahan bakar dan udara yang selanjutnya akan disalurkan kedalam ruang pembakaran. Leg sebab itu sangatlah penting sekali untuk menjaga atau merawat karburator dari gangguan zat dan bahan lain yang masuk ke dalam karburator sehingga menyebabkan karburator motor tidak berfungsi dengan baik.

Cara Service Karburator Motor Yang Baik Dan Benar

Untuk perawatan karburator sebenarnya sangat mudah sekali dengan cara melakukan pembersihan secara berkala pada karburator motor pastinya akan membuat fungsi karburator berjalan dengan sangat maksimal. Nah berikut ini cara bagaimana membersihkan sebuah karburator motor yaitu:

Lepaskan Filter Karburator

Hal yang pertama dalam membersihkan karburator motor adalah dengan cara melepaskan filter karburator yang terdapat pada mulut karburator. Kemudian filter karburator terlepas, lalu bersihkan difilter tersebut dengan menggunakan cairan pembersih dan kemudian keringkan filter karburator sebelum anda memasangnya kembali. Anda juga dapat menggunakan kompresor tekanan rendah untuk dapat membantu membersihkan kerak yang melekat atau menepel pada filter karburator motor.

Melepaskan Karburator

Selanjutnya semua baut yang mengikat karburator dilepas setelah itu bersihkan karburator motor dengan menggunakan alat kuas sehingga semua kotoran yang melekat atau menempel dapat terlepas, gunakan penyemprot dengan bertekanan tinggi untuk menjangkau bagian dalam karburator.

Membersihkan Spuyer

Membersihkan spuyer karburator motor harus dilakukan dengan secara hati-hati jangan terlalu ceroboh dalam membersihkan spuyer yang ujungnya dapat beresiko merubah ukuran diameter spuyer dan berakibat mesin kendaraan tidak dapat hidup. Gunakan ampelas halus untuk membersihkan kotoran yang melekat atau menempel pada spuyer motor tersebut.

Memasang Karburator

Setelah semua bagian karburator motor telah bersih pasang kembali karburator tersebut seperti awalnya, untuk perlu diperhatikan sebelum menutup semua bagian karburator terlebih dahulu harus mengatur ketinggian pelampung bensin, dapat dengan menggunakan alat yakni jangka sorong atau stigmat untuk mendapatkan sudut ketinggian yang tepat pada pelampung bensin karbuartor apabila pelampung bensin sudah tepat segera tutup karburator motor kemudian memasangnya kembali pada kendaraan motor tersebut.

Untuk perawatan karburator motor dengan cara membersihkan karburator secara rutin paling tidak dua atau tiga bulan sekali ini dapat membuat mesin motor tetap menjadi awet dan tidak mengalami kerusakan atau bermasalah.

Cukup Mudah Bukan …. ???

Demikinlah pembahasan mengenai Cara Service Karburator Motor Yang Baik Dan Benar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

 

Cara Service Karburator Motor Yang Baik Dan Benar | admin | 4.5