Cuma Ini Cara Yang Benar Servis Injektor Pada Motor Injeksi

teknikotomotif.com – Bagi pengguna motor injeksi kebanyakan mengklaim bahwa untuk perawatan motor injeksi lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan motor karburator yang membersihkan karburator tersebut tiap beberapa bulan sekali, sementara pada motor injeksi hanya dibilang perawatan rutin seperti mengganti oli , membersihkan atau mengganti saringan udara dan perawatan yang lainnya.  Bagi yang seneng otak atik atau seneng bongkar pastinya tidak kesulitan bagaimana cara servis motor injeksi sendiri tanpa harus pergi ke bengkel.
Cuma Ini Cara Yang Benar Servis Injektor Pada Motor Injeksi

Cuma Ini Cara Yang Benar Servis Injektor Pada Motor Injeksi

Walaupun dengan demikian servis injektor pada motor injeksi sangat diperlukan karena melihat dari kualitas dan kebersihan bahan bakar minyak yang dijual sekarang ini tidak begitu baik, rata-rata bensin yang dijual masih tercampur dengan sedikit kotoran terkadang sehingga membuat pada system kerja injeksi terkendala terutama bagian injektornya.

Cuma Ini Cara Yang Benar Servis Injektor Pada Motor Injeksi

Pabrikan besar motor pun mengemukakan pastinya hal yang sama, apabila motor sering menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas jelek, otomatis komponen injeksi rentan dihinggapi kerap, hal ini pastinya mengakibatkan kualitas semprotan bensin jadi tidak bagus.

Apabila dibiarkan masalah tersebut akan menurunkan performa mesin, maka dari itu dianjurkan agar selalu membersihkan komponen tersebut secara berkala, baik itu servis motor injeksi di bengkel resmi maupun juga dibengkel umum.

Untuk sebagai panduan di bawah ini servis injektor motor injeksi untuk berbagai merek motor sebagi berikut :

  • Untuk motor Suzuki, setelah motor menempuh perjalanan 20 ribu kilo meter, disarankan agar membersihkan injektornya dengan cairan injektor cleaner, akan tetapi apabila kondisi motor tersebut memang sudah mulai turun sebelum jarak tempuh sebaiknya juga segera dibersihkan. Karena tidak tahu bagaimana kualitas dan kebersihan bahan bakar yang dipakai motor, apabila motor sudah menempuh perjalanan 20 ribu kilo meter dan performanya masih tetap sip injektor tersebut tidak di servis pun tidak jadi masalah, untuk masalah biaya servis injector pada motor Suzuki cukup murah dan terjangkau dianjurkan servis ke bengkel resmi Suzuki terdekat.
  • Bagi pabrikan motor Yamaha pun disarankan setiap motor jika sudah menempuh jarak perjalanan 10 ribu kilo meter atau sudah berumur 1 tahun pada injektor harap dibersihkan karena umumnya kualitas bahan bakar yang beredar sekarang ini dinilai masih kurang bagus, jadi diperlukan pembersihkan dengan secara rutin itu sangat diperlukan salah satunya dengan membersihkan pada bagian throttle body dan injektor motor tersebut agar selalu awet dan prima tanpa ada masalah. Biasanya saat motor injeksi Yamaha sudah dipakai 1 tahun atau sudah menempuh jarak 10 ribu kilo meter, saat dibongkar terlihat kerak yang mulai menumpuk terutama pada bagian throttle body dan injektor, saat diuji dengan mesin pada debit dan arah semprotan injektornya serta hasil emisi gas buangnya akan terlihat perbedaannya antara motor baru dengan motor yang sudah dipakai 10 ribu kilometer, volume semprotan saat injektor kotor akan kurang dari kondisi normal adan arah semprotannya tidak sejajar serta emisi gas buangnya jelak, proses pembersihan pada motor Yamaha dianjurkan untuk memakai cairan yaitu 3M FI cleaner.
  • Dan sementara pabrikan motor Honda punya padangan yang lain atau berbeda mengenai masalah ini, kerak atau deposit tersebut muncul yang diakibatkan oleh hasil pembakaran oleh karena itu untuk motor Honda tidak perlu membersihkan injektornya secara rutin kecuali apabila motor tersebut sudah dipakai cukup lama atau tidak dipakai jalan, sisa bahan bakar yang lama dapat menempel pada saluran bahan bakar dan bisa berubah menjadi karat. Nah itu dibuktikan dari pangakuan pabrikan motor Honda yang selama ini dari sekian tahun yang telah memasarkan motor injeksi Honda, yang belum ditemukan kendala pada komponen injektornya. Oleh karena itu biasnya motor injeksi Honda menggaransikan system injeksinya selama 5 tahun pemakaian atau jarak tempuh 50 ribu kilo meter apabila komponen bermasalah oleh pabrikan motor Honda biasanya akan ditangani langsung atau diganti dengan komponen yang baru selama dalam masa garansi motor tersebut.

Bagi pemilik motor injeksi sebelum motor injeksi mengalami masalah lebih baik selalu melakukan servis rutin motor injeksi tersbut agar motornya tetap awet dan prima tanpa ada sedikit masalah pun.

Demikianlah pembahasan mengenai Cuma Ini Cara Yang Benar Servis Injektor Pada Motor Injeksi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:
Cuma Ini Cara Yang Benar Servis Injektor Pada Motor Injeksi | admin | 4.5