[HARUS TAHU] KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN MOTOR NINJA 2-TAK

[HARUS TAHU] KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN MOTOR NINJA 2-TAK

teknikotomotif.com – Motor Kawasaki Ninja yaitu merupakan salah satu model yang menjadi tonggak bagi sejarahnya perkembangan untuk motor 2-tak di khususnya Negara Indonesia itu sendiri, bersama motor lain seperti vespa dan RX King motor tersebut menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sejaraj pada motor 2-tak tersebut.
Walaupun demikian sebagaimana untuk diketahui masa kejayaan untuk motor 2-tak itu sendiri telah berakhir masanya karena sekarang ini semakin ketatnya untuk kestandaran gas buang yang ditentukan saat peraturan emisi lebih diperketat banyak pabrikan otomotif khsusnya di motor memfokuskan produksinya di motor 4-taknya. Tetapi untuk Kawasaki itu sendiri adalah pengecualian, pabrikan otomotif asal jepang ini masih memproduksi Ninja 2-tak yaitu 150RR, model ini baru akan dihentikan produksi pada agustus tahun lalu.
Ada banyak hal yang kenapa membuat ninja tetap diproduksi, salah satunya antra lain adalah masih diterimanya produk di pasaran, bahkan ninja 150RR berkontribusi terhadap hampir 50 persen penjualan Kawasaki motor Indonesia pada beberapa tahun sebelumnya, bagi pencintanya sendir ninja 2-tak tidak sulit untuk dilupakan karena performanya yang sangat lincag dan bahkan sanggup menandingi motor-motor keluaran terbaru bahkan yang memiliki kapasitas mesin yang diatasnya.
Untuk keunggulan dan kekurangan pada ninja 2-tak yaitu sebagai berikut :

Keunggulan

Untuk tenaga pada motor tersebut adalah salah satu keunggulan yang sebagian besar motor 2-tak begitu pula dengan ninja, untuk proses pembakaran yang terjadi dalam setiap poros engkol dapat membuat tenaga motor 2-tak merata mulai putaran bawah hingga putaran atas. Pada ninja 150 2-tak yang terbaru yang dilengkapi dengan teknologi super KIPS dan HSAS ini dapat membuatnya mampu dengan melaju hingga kecepatan maksimal 170 hingga 190 km/jam.
Hal ini sulit untuk ditandingi jika bukan oleh motor yang berkapasitas mesin 250 cc ke atas. Selain itu juga teknologi super KIPS dan HSAS ini membuat motor dapat meminimalisir gas buang serta dapat menghasilkan tenaga yang lebih stabil baik di dalam putaran mesin tinggi maupun dalam putaran mesin rendah.Ada beberapa kelebihan lainnya diantaranya adalah suara knalpot yang leboh lembut atau tidak berisik dan juga ban belakang yang stabil karena  rancangan tambahan di bwah monoshock.

Kekurangan

Untuk kekurangan motor 2-tak salah satunya yang paling jelas adalah setiap motor 2-tak dibanding dengan 4 tak yaitu boros bahan bakarnya. Karena setiap pembakaran yang dua langkah membuat mesin membutuhkan asupan bahan bakar yang pastinya lebih banyak. Dan juga biaya pengeluaran juga lebih banyak karena pembakaran yang sederhana membutuhkan bantuan oli samping, oli tersebut berfungsi sebagai pelumas tambahan sekaligus campuran pembakaran.
Kemudian ninja yang lama tidak digeber membuat mesin cepat dingin dan yang pada akhirnya membuat motor menyala lebih sulit apabila kurang panas ada kemungkinan pula masin mati ditengah jalan saat dikendarai.  Dan untuk ninja 2-tak terbaru yang berteknologi super KIPS juga ternyata memiliki beberapa kelmahan contohnya sering macet karena sebab kotor hal tersebut dapat ditanggulangi dengan cukup membersihkan super KIPS yang secara rutin.
Motor ini tidak cocok dibawa atau dikendarai dengan keadaan pelan-pelan padahal dengan mengemudikan motor dengan begitu cepat resiko bahayanya malah lebih besar untuk pengendaranya. Kelemahan lain adalah lampu depan yang lebih redup jika disbanding dengan motor lain seperti Vixion dan Tiger dan jangan lupa juga dijalanan yang sering macet, jika mengendarai motor kopling maka harus siap-siap mengalami kelelahan ditangan kirinya.
[HARUS TAHU] KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN MOTOR NINJA 2-TAK | admin | 4.5