Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi “Menurut Ahli Otomotif”

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi “Menurut Ahli Otomotif” – Bagi motor yang telah menggunakan sistem injeksi diklaim lebih baik dibandingan dengan menggunakan karburator, walaupun demikian pada prinsipnya fungsi keduanya tetaplah sama saja yaitu untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara sebelum masuk keruang bakar yang dibutuhkan oleh mesin.

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi "Menurut Ahli Otomotif"

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi “Menurut Ahli Otomotif”

Pada karburator bahan bakar masuk keruang bakar karena dihisap oleh pergerakan seher pada silinder, sedangkan untuk sistem injeksi tersebut menggunakan komponen injector yang difungsikan untuk membuka dan menutup aliran bensin atau seperti menyunting bahan bakar ke ruang bakar dan dikontrol dengan perangkat elektronik yang bernama Engine Control Unit ( ECU ).

Dengan pernagkat seperti ECU injector secara otomatis akan menentukan kapan dan seberapa banyak menyemprotkan bensin agar terbakar dengan jumlah udara yang ada lalu dengan mekanisme tersebut apa kelebihannya !!! dan apa kekurangannya !!!

Kelebihan

Dengan mengunakan perangkat ECU maka perbandingan antara jumlah bahan bakar dan udara ( air-fuel ratio / AFR ) akan mudah presisi hal tersebut agar pembakaran pada sistem injeksi jauh lebih baik dan bagus di banding menggunakan karburator.

Karena dengan begitu pembakaran lebih sempurna maka otomatis konsumsi bahan bakar tresebut pun akan lebih irit ini pula yang menyebabkan beberapa motor skutik yang terkenal lebih boros bahan bakar jika dibanding motor bebek beralih menggunakan sistem injeksi.

Kemudian sistem injeksi juga membuat pemilik motor tidak perlu repot melakukan penyetelan AFR. Pada karburator setelah AFR kerap berubah karena apabila getaran yang dihasilkan mesin atau memang kualitas karburatornya sudah menurun, sementara itu, pengolahan AFR pada sistem injeksi dikontrol oleh mekanisme elektronik.

Kekurangan

Walaupun banyak kelebihan sistem injeksi tetap memiliki kekurangan pula, sala satunya yaitu hatga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan karburator karena komponen eletronik yang lebih modern.

Kekurangan yang lainya yaitu tidak sembarangan atau sedikit bengkel yang mampu untuk memperbaiki pada sistem injeksi apabila terjadi kerusakan motor tersebut, perlu alat khusus untuk mengetahui apakah injector mengalami kerusakan atau tidaknya.

Dan juga sistem ini sensitif terhadap kelistrikan, untuk sistem injeksi yang baik sangat membutuhkan listrik yang stabil, maka jika sistem kelistrikan motor bermasalah misalnya aki soak maka ada kemungkinan sistem injeksi juga akan ikut bermasalah pula.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi “Menurut Ahli Otomotif” semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi “Menurut Ahli Otomotif” | admin | 4.5