14 Tips Mudah Apabila Mau Membeli Sepeda Motor Baru

Inilah 14 Tips Mudah Apabila Mau Membeli Sepeda Motor Baru

14 Tips Mudah Apabila Mau Membeli Sepeda Motor Baru  – Sebagian kebanyakan orang menyesal setelah membeli motor baru entah karena cepat bosan atau karena kecewa dengan sepeda motor yang baru dibelinya apa karena desain, kualitas bodi atau ketahanan mesin dan sampai dengan bayar cicilan perbulannya atau kredit. Nah berikut ini beberapa yang perlu diperhatikan saat sebelum membeli sepeda motor baru yaitu :

Rencana Kegunaan Motor

Sebelum membeli suatu barang difikir dengan matang dulu untuk digunakan barang tersebut untuk sepeda motor apa untuk belanja, kerja, atau untuk sekolah. Karena sebahian motor mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing misalnya khusus wanita cenderung sekali milih matic karena sudah mudah menggunakannya dan bisa multifungsi sekaligus dan pada pria memilih motor bebek karena mudah perawatan dan mudah dimodif juga enak buat aktifitas harian untuk membawa barang.

Menentukan Type Sepeda Motor

Pada saat anda akan membeli sepeda motor hal yang pertama tentunya anda menentukan tujuan membeli motor terlebih dahulu, dengan begitu baru anda memnentukan type motor. Sebagai contoh saya seorang mahasiswa yang beringinan akan membeli sepeda motor baru untuk aktifitas saya sehari-hari. Supaya biasa bulanan tidak naik secara signifikan maka saya ingin membeli sepeda motor yang memiliki bahan bakar yang irit jadi type motor yang saya inginkan ialah motor matic honda tapi dalam hal ini kira-kira type apa, maka saya mencari harga uang murah dan akhirnya jatuh ke pada pilihan yakni honda beat.

Area Jelajah

Nah ini yang kadang sebagian orang kurang untuk memperhatikan dan tidak mengerti, biasanya daerah untuk dipegunungan memilih motor bebek atau motor sport karena kuta ditanjakan sekaligus irit bahan bakar, untuk mengambil motor baru khusunya didaerah banyak tanjakan ada baiknya jangan ambil motor matic alasanya karena konsumsi bensinya lumayan boros jika dibandingkan motor bebek.

Jadi beda jauh sama yang tinggal didaerah pesisir atau banyak ketemu jalan datar bisa memilih motor apa saja yang mau digunakan.

Sesuaikan Budget Anda

Dalam membeli sepeda motor baru anda harus sesuai juga dengan kemampuan anda. Untuk itu maka hindari membeli motor yang mahal dengan kualitas sama, meskipun motor anda tersebut kelihatan tampilannya lebih keren.

Tempat Pembelian Yang Resmi

Pilih lah tempat pembelian seperti daeler motor resmi, apabila daeler yang tidak resmi kadang menawarkan diskon besar atau hadiah bagus, bisa saja komponen motor yang dijual itu telah diganti yang aspal atau kemungkinan cacat pada bagian tertentu motor tersebut sehingga harganya lebih miring.

Harga Motor

Sebelum untuk membeli atau bernegosiasi dengan para sales daeler, ada baiknya kumpulin dulu brosur-brosur motor dari berbagai daeler karena biasanya beda daeler beda harganya biasanya diimingin dengan hadiah atau diskon yang gede, hal ini hati-hati biasanya jebakan supaya tertarik konsumen, lebih baik diteliti dahulu dengan cermat.

Promo Pembelian Dan Merchandise

Untuk pembelian sepeda motor baru, sebelum melakukan deal tanyakan tentang promo. Mulai cashback hingga merchandise seperti hel, jaket dan lain-lain saat ingin membeli motor baru.

Mengecek Langsung Motornya

Dalam membeli motor harus melihat produk motor yang akan dibeli. Seperti dengan mendatangi secara langsung ke showroom motor tersebut. Jangan pernah tertarik pada brosur, karena terkadang warna motor yang asli tidak sebagus di brosur. Maka dari itu lebih baik datang dan lihat langsung agar tidak tertipu oleh sebuah gambar demi kepuasan anda.

Cek Fitur Dan Kelengkapan

Pada saat anda membeli motor tidak hanya dapat motornya, akan tetapi juga akan mendapatkan seperti helm, jaket, buku panduan, buku servis dan sama kunci-kunci standar. Apabila dari salah satu tersebut tidak dapat maka perlu untuk diwaspadai karena hal yang demikian sudah menjadi standar penjualan motor.

Perhatikan Garansi Motor

Dalam membeli motor baru bukan merupakan suatu perjanjian kontrak terputus. Artinya anda akan tetap membutuhkan daeler yang bersangkutan untuk perawatan pasca pembelian. Maka dari itu lebih baik diperhatikan garansi yang diberikan daeler tersebut agar selama kepemilikan kendaraan tersebut, anda mendapat jaminan pelayanan purna jual.

Menanyakan Tentang Plat Putih

Pada saat motor baru dibeli, dalam masa kepengurusan dokumen biasanya akan memakan waktu lama. Maka dari itu ketika motor tersebut belum memiliki plat. Untuk demi kenyamanan anda, ada baiknya menanyakan dan pastikan anda mendapat plat sementara yang berwarna putih, hal ini agar motor anda dapat dipakai di jalan raya.

Tempat Servis & Sparepart

Saat membeli sepeda motor ada baiknya untuk memperhatikan juga tempat servis dan onderdil motor yang ingin dibeli, takutnya apabila ada kerusakan pada motor tersebut susah untuk mendapatkannya, untuk itu lebih baik mau membeli motor baru carilah yang sudah merk yang mudah perawatannya dan sekaligus sparepartnya.

Jangan Terburu-Buru

Terkadang harga antar satu daeler dengan daeler yang lainnya berbeda. Apabila anda merasa belum ada kenyamanan untuk membeli motor baru di satu daeler, cobalah untuk bersabar dan tidak terlalu terburu-buru. Datangi daeler lain untuk perbandingan demi kepuasan anda.

Tidak Di Pungut Biaya Apapun Sebelum Deal

Dalam pembelian sepeda motor baru yang perlu diperhatikan jangan menandatangani perjanjian pembayaran apapun sebelum anda memang benar-benar sudah untuk memutuskan membeli kendaraan dari suatu dealer. Pastikan juga semua perjanjian dengan dealer, surat perjanjian harus dilengkapi kop dan cap resmi, sehingga apabila terjadi suatu kesalahan di kemudian hari, anda dapat melakukan klaim.

Demikinlah pembahasan mengenai 14 Tips Mudah Apabila Mau Membeli Sepeda Motor Baru semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

14 Tips Mudah Apabila Mau Membeli Sepeda Motor Baru | admin | 4.5