Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless

Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless

Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless – Setiap kendaraan pastinya sangat membutuhkan komponen ini yang digunakan untuk meyerap hentakan permukaan jalan dan mencegah agar kendaraan tidak slip pada saat dikendarai atau saat pengereman, kebanyakan orang juga tahu pastinya komponen tersebut ialah ban. Pada ban yang umumnya dibagi dalam dua jenis yakni ban biasa (tubetype) dan ban tubeless.

Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless

Kebanyakan pengendara sepeda motor megasumsikan bahwa ban tubeless jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ban biasa, alhasil banyak pemilik motor saat ini beralih ke ban tubeless. Dalam tulisan kali ini akan merinci kelebihan dan kekurangan pengguna ban tubeless pada sepeda motor.

Kelebihan

Ban tubeless dianggap memiliki kelebihan saat menginjak paku atau benda tajam lainnya sehingga pada motor tidak langsung mudah gembos atau kempis dan tetap dapat diajak jalan. Dan kelebihan yang lainnya pada ban tubeless lebih menggigit dan lebih stabil jika saat diajak jalan menikung atau bermanuver pada saat diajak kecepatan tinggi, selain itu juga ban tubeless ini lebih tahan bocor dan stabil pada kecepatan tinggi.

Karena kelebihannya ini pabrikan pun kini berlomba-lomba menggunakan ban tubeless pada sepeda motor terbarunya yang salah satunya datang dari sepeda motor merek garpu tala, Yamaha. Menurut para pakar otomotif dimerekkan terkenal Yamaha ini, ban tubeless lebih tangguh dan tak mudah kempis saat digunakan saat bocor ban pun, ban masih dapat digunakan untuk sekadar ke tempat tambal ban.

Para pengguna motor pun rata-rata lebih menyukai ban tubeless ini walaupun ban jenis ini lebih mahal dari ban biasa tapi kualitasnya sudah tentu lebih baik dan dengan begitu para konsumen puas sama ban tubeless ini.

Kekurangan

Walaupun dengan sederet kelebihannya, namun ban tipe tubeless ini juga memiliki sejumlah kekurangan, yang diantaranya ban tubeless dianggap usianya lebih pendek ketimbang ban tipe tubetype ini. Hal ini terjadi karena ban tersebut menggunakan compound yang lebih lunak.

Tidak Cuma itu ban tubeless juga dinilai lebih keras jika dibandingkan dengan ban biasa, hal ini terjadi karena memiliki struktur karetnya yang lebih tebal dan padat, sehingga pada saat pengendara melewati jalan rusak atau tidak rata pada ban tubeless ini dinilai dapat merusak pelek serta membuat ban cepat rusak dalam jangka waktu pemakaian tertentu.

Dan kekurangan yang lainnya ban tubeless hanya bisa dipasang pada pelek racing, sedangkan pelek jari-jari hanya bisa untuk ban biasa. Meskipun kini sudah terdapat teknologi yang bisa memasang pelek jari-jari dengan ban tubeless bukan berarti pelek tersebut cocok, melainkan terlalu dipaksakan.

Semoga dengan adanya postingan Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂

Baca juga :
Inilah Tips Mudah Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Ban Tubeless | admin | 4.5