Jadi Ini, Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing

Jadi Ini, Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing

Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing – Bagi pengguna motor biasanya melakukan langkah modifikasi agar menghasilkan performa yang lebih besar, yang salah satunya dengan cara yang umun biasa dilakukan ialah dengan mengganti knalpot motor standar dengan knalpot racing. Biasanya knalpot racing mempunyai cirri khas suara dengan dentuman keras yang lantaran lubang bagian dalam lebih besar.

Jadi Ini, Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing

Walaupun demikian hinggi saat ini masih banyak pihak yang mempertanyakan apa efek bagi sepeda motor jika menggunakan knalpot racing !!! Ternyata dari berbagai sumber efek negatif lebih banyak didapatkan apabila pemilik kendaraan mengganti knalpot standar dengan kenalpot racing.

Untuk penggunaan knalpot racing pada motor standar sebenarnya tidak direkomendasikan karena mempunyai efek positifnya tidak banyak, malah lebih banyak efek negative, terutama masalah suara berisik yang bikin kesal pengguna lainnya dan juga tetangga.

Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing

Efek negative akan berpengaruh pada mesin motor, terlebih dengan mesin standar. Hal ini disebabkan penggunaan knalpot free flow ( knalpot racing ) sangat membutuhkan campuran bahan bakar minyak lebih banyak agar tenaga mesin lebih baik. Sedangkan pada motor standar aliran bahan bakar sudah diatur untuk knalpot standar.

Jadi artinya penggunaan knalpot racing dapat membuat mesin lebih cepat panas, karena pembakaran cepat kering, apabila hal ini di biarkan akan mempercepat keausan pada komponen mesin, serta pemuaian karena suhu panas pada mesin sehingga celah klep akan menjadi lebih longgar dan mesin akan lebih ngelitik.

Jika sudah kadung kepingin nyobain knalpot racing pada sepeda motor, baiknya agar melakukan beberapa modifikasi pada mesin seperti porting polish mengubah setelan celah klep dan pembesaran spuyer. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan akan lebih baik namun pemakaian bahan pastinya akan menjadi lebih boros.

Sebagus apapun knalpot tetap ada saja efek sampingnya kalau mesin dan saluran bahan bakar masih standar, jadi kalau ingin performa lebih baik sebaiknya modif sedikit mesinnya supaya enggak mubajir beli knalpotnya. Nah itulah yang perlu diperhatikan apa bila menginginkan motor ada agar tetap awet, sekian dan terima kasih.

Semoga dengan pembahasan Jadi Ini, Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing ini dapat berguna dan bermanfaat bagia anda, terima kasih. 🙂 🙂 🙂

Baca juga :

 

Jadi Ini, Efek Buruk Motor Menggunakan Knalpot Racing | admin | 4.5