Kick Starter Motor Matic Macet Ini Solusinya “Wajib Baca”

Kick Starter Motor Matic Macet Ini Solusinya “Wajib Baca”

Kick Starter Motor Matic Macet Ini Solusinya – Hal ini pastinya pernah dialami bagi pemilik motor matic saat kick starter mau digunakan mengalami mecet karena pada motor tersebut electric starter tidak bekerja. Fungsi dari kick starter sendiri yakni sebagai cadangan untuk mengaktifkan mesin motor tersebut. Tapi dari sebagian pengguna biasanya hampir jarang menggunakan kick starter tersebut untuk menyalakan motor, karena pada sepede motor matic penggunaan kick starter dibilang cukup repot untuk melakukannya.

Kick Starter Motor Matic Macet Ini Solusinya "Wajib Baca"

Karena motor harus distandar dua dulu karena posisi kick starter tersebut ada disebelah kiri tidak seperti pada sepeda motor jenis sport maupun seperti jenis bebek yang bisa langsung sambil duduk diatas jok motor tersebut. Pada sepeda motor matic apakah penting menggunakan kick starter !!! ada saat-saat tertentu yang dimana menyalakan motor menggunakan kick starter misalnya saat untuk memanasin dipagi hari atau setelah motor tersebut lama tidak dinyalakan.

Karena dengan menggunakan kick starter hal tersebut akan membuat oli yang sudah lama megendap menjadi langsung bersirkulasi dan selain itu juga dapat menghemat penggunaan listrik di motor sehingga tidak membebani aki motor tersebut. Pada kick starter biasanya indentik dengan pada saat darurat yang dimana motor tidak bisa menyala atau susah hidup karena aki motor tersebut mengalami kerusakan atau soak. Namun bila kick starter ternyata mengalami macet hal tersebut jangan dipaksain. Hal ini wajar apabila keras dan seret bila lama tak digunakan atau dipakai.

Karena per stopper pemegang penghubung gir salah dan gir primer mulai dihinggapi dengan karat. Begitu kick starter digunakan dan fungsi per stopper sebagai rel juga pemegang gir penghubung malah gak jalan. Dan hasilnya batang kick starter yang juga didukung pegas spiral justru tak mau balik lagi.

Kick Starter Motor Matic Macet Ini Solusinya

Untuk mengembalikan ke kondisi semula dan bisa kembali normal sebaiknya dicek dengan membongkar blok CVT. Kotoran dan debu dibersihkan dengan menggunakan kuas dan angin kompresor, per stopper dan alur gir penghubung dolesi dengan gemuk.

Walaupun sering atau rutin menggunakan kick starter tetap harus perawatan dan selalu pengecekan berkala, lakukan hal tersebut setiap 8.000 km. lepas cover CVT tersebut kemudian lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakan kick starter ke bawah.

Pakailah kick starter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak hal tersebut untuk membiarkan oli menyebar dengan sempurna melumasi mesin. Kemudian tarik tuas choke yang umumnya ada disebelah kiri stang untuk menutup celah udara dan mensuplai bensin dengan kuantitas yang lebih banyak agar mesin cepat hidup. Setelah motor tersebut hidup tarik kembali tuas choke tersebut ke posisi semula agar minim agar campuran bensin dan udara kembali normal sesuai denagn setelan.

Demikinlah pembahasan mengenai Kick Starter Motor Matic Macet Ini Solusinya “Wajib Baca” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

 

Kick Starter Motor Matic Macet Ini Solusinya “Wajib Baca” | admin | 4.5