Lampu Sein Motor Tidak Berkedip? Ternyata Flasher Rusak Penyebabnya

Lampu Sein Motor Tidak Berkedip? Ternyata Flasher Rusak Penyebabnya

Lampu Sein Motor Tidak Berkedip? Ternyata Flasher Rusak Penyebabnya – Pada sistem kelistrikan di bodi termasuk lampu sein merupakan bagian sepeda motor yang sangat penting karena tugasnya yang sangat berat apabila mengalami masalah bukan Cuma pemilik motor yang disalahkan tapi juga bagi pengendara yang dibelakangnya pun bisa dibuat bingung.

Lampu Sein Motor Tidak Berkedip? Ternyata Flasher Rusak Penyebabnya

Sehingga dapat berisiko bisa mengalami kecelakaan atau tabrakan dari belakang bisa juga dari depan. Kenapa hal ini bisa terjadi karena pasalnya lampu sein yang harusnya berkedip dengan kontinyu kerena ada masalah yang timbul kedipan pada lampu sein tersebut bisa berubah misalnya cahaya bohlam bisa saja Cuma diam, lambat atau tempo kedipannya cepat bahkan bisa mati total pada waktu sakelar sein diaktifkan.

Lampu Sein Motor Tidak Berkedip? Ternyata Flasher Rusak Penyebabnya

Nah apabila lampu sein tersebut dialami sampeyan yang semacam itu sebaiknya dilacak dari mana penyebabnya yang timbul “ biasanya hal tersebut disebabkan dari flasher. Tapi juga bisa dari faktor yang lainnya misalnya seperti setrum kurang atau beban arus kebesaran nah dari semua itu paling mudah atau gampang dilihat dari kedipan. ”

Misalnya bila kedipan tersebut lampu sein dengan temponya yang lebih cepat yang dari biasanya apabila terjadi yang demikian bisa jadi penyebabnya beban arus yang dikeluarkan terlalu besar. Seperti pada ukuran bohlam sein lebih besar dari standarnya dengan hal yang seperti pastinya membuat kerja otomatis sein atau flasher yang didukung kumparan magnet didalamnya ikutan bergerak cepat saat menerima beban arus yang berlebihan dan mengalirkannya ke bohlam sein. Dan sebaliknya bila kedipan lampu sein bekerja sangat lambat, biasanya hal ini disebabkan setrum dari aki kurang atau massa bohlam lampu tidak bagus.

Untuk memastikan coba pengecekan pada ampere aki, apakah setrumnya tidak tekor dan selain itu juga apakah kebel massa bohlam lampu sein benar-benar sudah terpasang dengan benar atau tidak. Adapun gejala yang ditimbulkan bila flasher sudah mengalami kerusakan fatal biasanya lampu sein tidak mau kedip sama sekali atau mati total.

Otomatis sein atau flasher ini yang didukung gulungan kawat kumparan di bagian dalam alat ini terjadi konslet. Dan konsletnya bisa dalam posisi terhubung atau tidak, sehingga kondisi setrum bisa saja tetap mengalir atau tidak sama sekali maka dari itu lampu sein bisa saja terang malah bisa mati total.

Untuk memastikan apakah kabel kelistrikan sein tidak putus atau sakelar dalam kondisi yang baik, sebab arus positif aki sebagai pembangkit daya lampu sein tergantung pada sakelar setelah dikirim dari flasher makanya terminal kabel di flasher juga jangan sampai terbalik biar bisa berkedip motor sampeyan.

Demikinlah pembahasan mengenai Lampu Sein Motor Tidak Berkedip? Ternyata Flasher Rusak Penyebabnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

Lampu Sein Motor Tidak Berkedip? Ternyata Flasher Rusak Penyebabnya | admin | 4.5