[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya – Bagi kebanyakan orang pastinya belum seberapa tahu kegunaan dan fungsi transmisi pada kendaraan, nah disini akan membahas tentang transmisi tersebut. Transmisi adalah suatu komponen mesin yang difungsikan merubah kecepatan dan tenaga putar dari mesin ke sebuah roda, Sehingga hal ini dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan.

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

Seperti yang diketahui bahwa sistem transmisi terdiri atas beberapa tingkat kecepatan yakni salah satunya sepeda motor atau mobil dengan 4 kecepatan. Atau bahkan ada yang lebih dari 4 kecepatan bahkan ada yang sampai 5 ataupu 6 kecepatan.

Tujuan perubahan tingkat kecepatan yaitu untuk menghasilkan tenaga dan untuk dapat merubah laju kecepatan kendaraan. Seperti yang telah diketahui dalam pengendaraan baik di sepeda motor maupun di mobil setiap kecepatan memiliki fungsi atau guna yang berbeda-beda dalam pengendaraannya. Untuk awal pada transmisi selalu menggunakan percepatan 1 atau gigi 1 kemudian kita rubah kecepatan tersebut secara bertahap sesuai dengan situasi dan keperluan atau kebutuhan dalam pengendaraannya.

Kecepatan tinggi

Pada prinsipnya kecepatan tinggi atau menaikkan sebuag kecepatan adalah gigi besar memutar gigi kecil misalnya gigi yang besar memiliki 60 mata dan gigi kecil memilki 30 mata gigi. Untuk gigi yang besar tersebut memegang peranan sebagi pemutar dan gigi yang kecil sebagai gigi yang diputar.

Apabila gigi yang besar berputar 600 kali maka gigi yang kecil akan berputar 2 kali lipat yakni 1200 kali, dengan begitu telah terjadi penaikan kecepatan dari 600 kali menjadi 1200 kali.

Kecepatan lambat

Pada prinsip untuk kecepat lambat ini yaitu gigi kecil memutar gigi besar misalnya gigi kecil memiliki jumlah gigi sebanyak 20 mata, semenatar gigi yang besar memiliki jumlah mata gigi sebanyak 80 mata gigi.

Untuk gigi yang kecil memegang peranan sebagai pemutar dan gigi yang besar sebagai gigi yang diputar apabila gigi yang kecil berputar 100 kali maka pada gigi yang besar akan berputar 25 kali. Dengan demikian telah terjadi penurunan kecepatan putaran dari 100 kali menjadi 25 kali.

Yang sering jadi pertanyaan kenapa putaran lambat dapat menghasilkan tenaga yang besar !!

Coba dilihat hasil pada putaran lambat !! putaran awal adalah 100 danputaran hasil yakni 25 atau bisa disederhanakan menjadi 4:1. Untuk diketahui bahwa putaran mesin ini yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Sementara beban yang akan diangkat adalah berat dari penumpang dan berat dari sebuah mobil / motor tersebut.

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya

Pada contoh untuk kecepatan lambat seperti diatas adalah dibutuhkan 4 kali untuk mengangkat 1 kali beban dari kendaraan tersebut ataupun bisa diilustrasikan bahwa beban itu dicicil selama 4 kali untuk 1 kali angkatan beban. Sementara pada contoh kecepatan tinggi 60 kali putaran awal dan putaran hasilnya 1200. Atau bisa kita sederhanakan 1 : 2. Pada kecepatan tinggi dibutuhkan 1 kali untuk 2 kali angkatan beban.

Pada kendaraan baik sepeda motor maupun mobil gigi pemutar dihubungkan dengan as masuk transmisi/input shaft transmisi jadi gigi yang pemutar mendapatkan tenaga putar dari mesin sementara gigi yang diputar mendapat hubungan dengan as keluaran dari transmisi.

Demikianlah pembahasan mengenai [Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga :

 

 

 

[Lengkap] Fungsi Dan Cara Kerja Transmisi Manual 4,5,6 Kecepatan Beserta Pengertiannya | admin | 4.5