4 PENYEBAB UTAMA JARUM INDIKATOR BENSIN MOTOR MASALAH

teknikotomotif.com – Sebagian orang pastinya pernah mengalami hal seperti ini yaitu kehabisan bensin di tengah jalan, padahal jarum penunjuk indikator bensin masih banyak, pastinya membuat pengendara di buat repot oleh motornya, itulah salah satu dampak yang terjadi apabila jarum bensin pada sepeda motor sudah mengalami masalah.

4 PENYEBAB UTAMA JARUM INDIKATOR BENSIN MOTOR MASALAH

Jarum bensin merupakan komponen motor yang sangat vital, dengan indikator tersebut pengendara dapat melihat perhitungan kapan saat harus mengisi bahan bakar sebelum benar-benar habis, apalagi bagi pengendara yang sedang dalam perjalanan yang jauh, keberadaan jarum bensin indikator sangat sekali diperlukan.

Baca Juga :

Selain juga karena dalam perjalanan membiasakan mengisi bahan bakar sebelum habis memang harus terus dilakukan, dengan cara selalu mengisi bensin dengan  secara teratur jangan sampai kosong ditangki hal tersebut dapat menjaga keawetan pada mesin motor tersebut. Dan juga pastinya dapat merugikan ketika bensin habis tanpa disadari, tidak hanya waktu yang terbuang sia-sia tetapi juga tenaga anda harus dikeluarkan untuk mendorong motor mencari jual bensin atau ke pom bensin. Oleh sebab itu keberadaan jarum indikator bensin sangat dibutuhkan sekali. Lalu bagaimana apabila bensin motor tersebut mengalami masalah !!!
Sesuai dengan kegunaannya jarum indikator bensin akan memberikan notifikasi kepada pengendara untuk mengetahui seberapa banyak bensin yang masih tersedia dalam tangki motor, namum fungsi jarum tidak akan optimal jika jarum indikator bensin ini bermasalah, inilah penyebab dan mangatasi jarum indikator bensin motor mengalami masalah sebagai berikut :

1. Aki motor

Pada jarum bensin ini tidak mungkin bisa bekerja atau berfungsi apabila tanpa ada sumber listrik atau aki, periksalah kondisi aki motor tersebut dengan cara menekan pada tombol klakson atau electric starter, apabila tidak normal lagi segeralah ganti atau diperbaiki pada aki tersebut jika masih memungkinkan.

2. Pelampung bensin

Kemudian cek juga kondisi pelampung bensin, untuk memeriksa kedaan komponen yang satu ini buka peranti besi yang berada disebelah tutup bensin dengan menggunakan alt obeng plus, lalu lepas soketnya dan kemudian sambungkan dua kebel yang menyangga didalamnya dengan jumper atau penghantar listrik lain. Apabila jarum pada speedometer kelihatan ada gerakan berarti pelampung bensin mengalami masalah, pelampung bensin bisa rusak atau merenggang karena tekanan saat pengsian bensin ke dalam tangki. Hal ini bisa diatasi atau diakali dengan mengikat dengan kawat tembaga atau menambah cincin namun lebih baiknya mengganti dengan part yang baru.

3. Jalur kelistrikan

Apabila dari keduanya yang disebut diatas, jalur pada kelistrikan yang terhambat juga bisa mengakibatkan pada jarum bensin tidak bekerja atau berfungsi lagi, periksa jalur kabel yang menggerakkan jarum tersebut dengan menggunakan alat pengukur arus.

4. Speedometer mengalami masalah

Dari ketiga sebelumnya seandainya masih bekerja dengan baik tanpa ada masalah maka hanya ada satu kemungkinan yaitu ada bagian pada speedometer yang sudah mengalami kerusakan pastinya mengganggu kinerja jarum bensin tersebut perbaiki atau ganti speedometer motor dengan yang baru.
Demikianlah pembahasan mengenai 4 PENYEBAB UTAMA JARUM INDIKATOR BENSIN MOTOR MASALAH semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
4 PENYEBAB UTAMA JARUM INDIKATOR BENSIN MOTOR MASALAH | admin | 4.5