[PENTING] INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR SISTEM KARBURATOR

teknikotomotif.com – Pada sepeda motor untuk mencampur bahan bakar dan udara ada komponen yang sangat penting untuk kinerja tersebut seperti komponen karburator pada motor ini, walaupun saat ini sudah banyak motor yang menggunakan mesin injeksi tetapi mesin yang menggunakan karburator masih banyak digunakan misalnya pada motor supra X 125 dan motor Jupiter MX.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KARBURATOR
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KARBURATOR

[PENTING] INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR SISTEM KARBURATOR

Baik menggunakan yang karburator maupun yang injeksi pada prinsipnya merupakan untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk keruang bakar, pada karburator bensin masuk keruang bakar karena dihisap oleh pergerakan seher pada silinder.
Untuk itu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut :

Kelebihan

Kenapa karburator masih tetap masih digunakan pada sepeda motor !! salah satunya disebabkan karena karburator lebih murah dari pada dibandingkan dengan sistem injeksi tentu dengan komponen yang lebih murah harga jual motor juga dapat ditekan.
Selain itu juga komponen karburator lebih sedikit dan tidak kompleks karena itu untuk kelebihan lainnya adalah dari segi perawatan lebih mudah dan sederhana, bagi pemilik sepeda motor ini hanya perlu keahlian dasar untuk merawat dan memebersihkan karburator itu sendiri.
Dan juga motor dengan sistem karburator lebih mudah untuk ditingkatkan performanya, hanya tinggal merubah atau mengganti ukuran spuyer seperti pilot jet dan main jet, performa motor pun dapat meningkat beda dengan sistem injeksi hal ini sulit untuk dilakukan.

Kekurangan

Pada motor sistem ini butuh penyetelan yang tepat agar campuran bahan bakar dan udara atau air-fuel ratio ( AFR ) optima, masalahnya AFR tersebut terkadang sering berubah karena getaran selama berkendara pemilik kendaraan pun harus repot menyetel AFR kecuali memang ia ingin untuk meningkatkan performa motor tersebut.
Selain itu juga melakukan penyetelan yang tepat bagi pemilik motor dengan sistem tersebut juga memerlukan alat tambahan tentunya biaya tambahan juga untuk dikeluarkan, motor yang bersistem karburator diyakini kebanyakan pengguna motor yang lebih boros bahan bakar dan pada sistem injeksi AFR dikontrol dengan alat yang berperangkat elektronik sehingga pembakaran jauh lebih baik dan efisien hal yang tidak bisa dilakukan oleh sistem karburator.

Demikianlah pembahasan mengenai [PENTING] INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR SISTEM KARBURATOR semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

[PENTING] INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR SISTEM KARBURATOR | admin | 4.5