[Sangat Penting] Untuk Diketahui Fungsi Dan Cara Kerja Brake Caliper

[Sangat Penting] Untuk Diketahui Fungsi Dan Cara Kerja Brake Caliper

[Sangat Penting] Untuk Diketahui Fungsi Dan Cara Kerja Brake Caliper – Caliper berbentuk seperti pelana yang terbuat dari campuran aluminium, dalam rancangan rem cakram, caliper menerima gaya pengereman sebagai bagian dari unit pengereman dan juga menerima reaksi ketika sepatu rem ditekan / didorong ke piringan rem, sehingga caliper harus kuat.

[Sangat Penting] Untuk Diketahui Fungsi Dan Cara Kerja Brake Caliper

Brake caliper ini dipasang dibagian depan garpu depan dan pada lengan ayun / swing arm dibagian belakang. Fixed calipers (opposed piston typer) mempunyai beberapa silinder di kedua sisi piringan dan memegang piringan pada tempatnya karena adanya dorongan dari kedua sisinya, sedangkan floating calipers hanya mempunyai satu silinder yang ditempatkan hanya pada satu sisi saja.

Fixed caliper ( opposed piston type )

Fixed caliper mempunyai silinder-silinder di kedua sisi piringan dan di bagian tersebut torsi pengereman diteruskan, tidak ada bagian/komponen yang kearah piston dan sepatu rem sehingga tipe ini mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap getaran dan karat.

Karena silinder menerima gaya pengeraman maka silinder harus dibuat sangat kuat. Untuk caliper jenis ini memerlukan tempat yang cocok untuk pemasangannya.

Floating caliper

Floating caliper terdiri dari berbagai macam tipe diantaranya adalah tipe silinder terapung atau terpasang tetap. Jenis lainnya adalah bagian torsinya mengapung atau terpasang tetap. Caliper jenis ini mempunyai sebuah piston yang terletak hanya pada satu sisi piringan saja dan ketika piston mendorong sepatu rem ke plat piringan.

Caliper menerima reaksi dari plat piringan ke sepatu rem dan menekan sepatu rem disisi lainnya ke plat piringan sehingga menghasilkan tenaga pengereman, untuk caliper jenis ini konstruksinya kompak dan ringan.

Demikianlah pembahasan tentang [Sangat Penting] Untuk Diketahui Fungsi Dan Cara Kerja Brake Caliper ini semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan seputaran otomotif, terima kasih. 🙂 🙂 🙂

Baca juga :

[Sangat Penting] Untuk Diketahui Fungsi Dan Cara Kerja Brake Caliper | admin | 4.5