Ternyata Ini, 4 Penyebab Utama Motor Susah Dihidupkan

teknikotomotif.com – Sebagian orang yang terlalu sibuk dengan aktifitasnya seperti bekerja dan jalan-jalan keluar kota yang sering meninggalkan kendaraan seperti sepeda motor yang terlalu lama pastinya hal ini sangat mempengaruhi sekali untuk kesehatan motor saat mau digunakan. Sepeda motor yang jarang dirawat dan jarang sekali dipakai dan pada saat ingin dipakai malah motor tersebut tidak bisa untuk dihidupkan, makanya dari itu pastinya anda mencari solusi bagaimana cara untuk mengatasinya, bahkan sepeda motor yang digunakan sehari-hari pun juga pastinya mengalami masalah seperti ini padahal motor sangat berguna bagi kehidupan anda. Nah disini akan menjelaskan bagaimana cara untuk mencegah supaya tidak terjadi pada motor anda saat mau dipakai.
Ternyata Ini, 4 Penyebab Utama Motor Susah Dihidupkan

Ternyata Ini, 4 Penyebab Utama Motor Susah Dihidupkan

1. Bensin yang biasa digunakan tercampur dengan air

Untuk hal ini biasanya terjadi hanya pada motor yang sudah di modifikasi misalnya banyak kalangan anak muda yang sering memodifikasi karburator pada motornya, bahkan ada juga anak muda yang menghilangkan bagian filter karburator.

Padahal komponen ini sangat lah penting selain untuk penyaring udara yang kotor dan juga bisa dapat mencegah adanya air yang masuk. Jika hal tersebut terjadi air yang masuk ke karburator maka untuk itu perlu membuang seluruh bahan bakar yang ada dikarburator motor tersebut.

2. Kerenggangan katup tidak tepat

Mungkin hal ini jarang sekali terjadi tapi bisa juga terjadi kerenggangan katup tidak tepat, mungkin hal tersebut sudah terlalu lama motor tidak dilakukan perawatan, dan kerenggangan katup yang tidak tepat bisa menyebabkan bahan bakar tidak bisa masuk dengan tepat, bahkan membuat motor tidak bisa untuk dihidupkan sama sekali.

3. Bahan bakar yang dikarburator tidak tepat

Komponen karburator merupakan alat yang digunakan untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara, untuk tidak tepatnya bahan bakar yang ada dikarburator bisa menyebabkan motor menjadi susah dihidupkan.

Untuk mengatasi masalah ini yakni dengan cara memutar atau melakukan penyetelan dulu pada karburator tersebut lakukan dengan memutar searah jarum jam atau kekanan sampai mentok lalu putar lagi tapi berlawanan arah jarum jam kira-kira 1,5 putaran.

4. Pengapain ( Busi )

Komponen ini sangatlah penting sekali pada sistem pengapian karna untuk memercikan bunga api yang dibutuhkan oleh mesin apabila pada komponen ini tidak ada bunga api atau percikan otomatis sangat berpengaruh sekali untuk kelangsungan hidupnya sepeda motor tersebut.

Untuk cara memeriksanya yakni buka busi lalu busi tersebut tempelkan ke bodi kepala silinder, kunci kontak posisi on kemudian engkol apabila ada percikan bunga api berarti busi tersebut tidak masalah dan pada bagi pengapian tidak ada masalah dan apabila busi tersebut tidal memercikan bunga api berarti pada sistem pengapian bisa bermasalah kemungkinan busi, koil, cdi, atau pulsernya apabila hal tersebut terjadi perlu penangan yang lebih kalau tidak bisa sendiri lebih baik serahkan kepada yang ahlinya atau bawa ke bengkel terdekat.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan mengenai Ternyata Ini, 4 Penyebab Utama Motor Susah Dihidupkan semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂
Ternyata Ini, 4 Penyebab Utama Motor Susah Dihidupkan | admin | 4.5