UDAH TAU BELUM? SEJARAH PERKEMBANGAN SEPEDA MOTOR

UDAH TAU BELUM? SEJARAH PERKEMBANGAN SEPEDA MOTOR
teknikotomotif.com – Kendaraan yang membantu manusia dalam beraktifitas sehari-hari yaitu sepeda motor, kendaraan yang beroda dua ini dapat bergerak oleh sebuah mesin yang letak antara kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sebuah sepeda motor tersebut tetap stabil karena disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan yang rendah keseimbangan atau kestabilan sepeda motor tersebut tergantung dari bagian setang atau kemudi oleh pengendaranya. Penggunaan sepeda motor khususnya di Negara Indonesia sendiri sangat populer karena harganya relative terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan biaya operasional yang cukup hemat bagi kalangan pencinta roda dua tersebut.

Sebuah sepeda motor adalah merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang terlebih dahulu telah ditemukan kurang lebih pada tahun 1868 oleh Michaux ec cie yaitu suatu perusahaan yang pertama didunia yang memproduksi sepeda dalam skala yang sangat besar, lalu mulai mengembangkan mesin tenaga uap sebagai tenaga untuk penggerak sepeda, tapi usaha tersebut masih belum maksimal kemudian dilanjutkan oleh seorang yaitu Edward Butler dia seorang penemu yang berasal dari Negara inggris, seorang Butler telah membuat kendaraan roda tiga dengan suatu motor yang melalui pembakaran dalam. Dari awal penemuan tersebut semakin banyak untuk melakukan percobaan membuat motor dan mobil yaitu salah satunya yang telah dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari sebuah Negara besar yaitu jerman.

Dua orang tersebut bertemu saat bekerja bersama di Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yaitu produsen mesin stasioner yang terbesar pada tahun 1872. Pemilik Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang bernama Nikolaus Otto telah berhasil membuat mesin 4 langkah atau yang biasa disebut dengan mesin 4 tak dan penemuan tersebut telah dipantenkan pada tahun 1877, walaupun mesin 4 tak tersebut masih terlalu sederhana dan kurang efisien tapi mesin tersebut diharapkan dapat menggantikan mesin uap. Pada tahun 1880 seorang bernama Daimler dan Maybach telah dipecat dari perusahaan tersebut dan keduanya telah mendirikan sebuah tempat yaitu bengkel di Suttgart yang pada tahun 1885 keduanya telah menciptakan sebuah karburator yaitu untuk mencampur bensin dan udara sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin 4 tak ciptaan Otto. Kedua mengembangkan mesin 4 tak tersebut menjadi mesin silinder 100 cc yang meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. Sepeda kayu yang bermesin tersebut disebut dengan Reitwagen ( riding car ) hal ini menjadikan sepeda motor yang pertama kali didunia.

Inilah jenis-jenis pada sepeda motor

Sepeda Motor Sport yaitu sebuah sepeda motor yang dikhususkan untuk pengguna balap dengn kecepatan tinggi, saat dikemudikan pengemudinya yang berjenis sport tersebut relatif agak membungkuk ke depan dengan posisi kaki sedikit agak ke belakang dengan posisi tersebut digunakan pada sepeda motor yang seperti agar tekanan angin dari depan yang berlawanan tidak dapat menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Dengan bodi sepeda motor seperti ini juga memiliki jarak yang begitu dekat dengan tanah yang menyebabkan sepda motor tersebut rendah hal tersebut dikarenakan untuk nambah unsur aerodinamis sepeda motor yang pada kecepatan tinggi di lintasan atau sirkuit contoh sepeda motor sport yaitu Kawasaki Ninja, Honda CBR 150, Honda 250 dan lain-lain.
Sepeda motor Road Bike Sport / standar adalah sepeda motor yang berkopling dengan memiliki jarak bodi dari tanah yang lebih tinggi, tipe ini merupakan sepeda motor yang tidak digunakan untuk ajang balap namun tipe ini di desain bodi dan performa mesin yang lebih bertenaga dan kuat. Tipe ini digunakan dalam keperluan untuk sehari-hari dan dapat dikendarai pada medan yang berbatu namun tidak off-road secara penuh misalnya untuk tipr ini yaitu Honda megapro, Suzuki thunder, Yamaha SZ-X dan lain-lain.
Sepeda Motor Cruiser adalah sepeda motor yang memiliki torsi mesin yang besar dengan kemampuan yang menarik beban besar, biasanya untuk sepeda motor tipe ini indentik dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai namun bergaya chopper. Dengan posisi pengendara lebih tinggi dari pada posisi duduk dan posisi kaki yang lebih menyelonjor agak ke depan misalnya tipe ini yaitu Harley Davidson dan Bajaj Avenger.
Sepeda Motor Trail adalah tipe ini dikhususkan untuk melibas medan yang agak berat misalnya medan berbatu dan yang berlumpur, sepeda motor jenis ini mempunyai ciri kontur ban yang lebih kasar yang menyerupai bergigi kotak-kotak yang biasa disebut ban tahu. Tipe ini mempunyai torsi sangat besar dan yang tahan banting. Jarak antara bodi dengan tanah yang relative lebih tinggi tipe ini tidak mengejar kecepatan namun hanya akselarasi. Tipe ini memiliki jenis suspensi yang lebih dari pada motor yang lainnya karena penggunaannya di medan berat misalnya tipe ini yaitu Kawasaki KLX 150, Honda CRF 450X, Suzuki DR Z400S dan lain-lain.
Sepeda Motor Bebek adalah sepeda motor manual tanpa kopling yang memilki kapasitas silinder atau CC yang kecil. Tipe ini yaitu model bodi yang bercorak dari jok pengendara ke bawah kemudian naik ke stang kemudi. Dengan posisi pengendara untuk sepeda motor ini tegak misalnya tipe yaitu Honda supra X 125, Honda Blade, Honda Revo dan lain-lain.
Sepeda Motor Matik / Skutik adalah sepeda motor yang otomatis yang tidak menggunakan operan gigi manual dan hanya cukup dengan satu akselerasi, tipe ini memiliki kapasitas cc kecil dengan posisi pengemudinya yang tegak ukuran sepeda motor ini lebih kecil dan ringan dari pada tipe bebek. Tipe ini memilki ruang yang kosong antara kemudi dan pengendara yang memungkinkan untuk kaki bisa diletakan ditempat tersebut, tipe ini sangat cocok sekali dengan wanita dan tipe ini dapat digunakan untuk keperluan dalam kota dan tipe ini memiliki dimensi ukuran ban dan roda yang cukup kecil misalnya tipe yaitu Honda Beat, Yamaha Mio, Suzuki Spin dan lain-lain.
UDAH TAU BELUM? SEJARAH PERKEMBANGAN SEPEDA MOTOR | admin | 4.5