Inilah Cara Menyirenin Komponen Cdi Dan Pulser Sudah Melemah

Inilah Cara Menyirenin Komponen Cdi Dan Pulser Sudah Melemah

Inilah Cara Menyirenin Komponen Cdi Dan Pulser Sudah Melemah – Pada komponen elektronik seperti yang telah diketahui bahwa memang membuat kita ribet jika sudah mengalami kendala ditengah perjalanan. Akan tetapi bila telah mengetahui ciri atau tandanya di komponen CDI dan pulser pada sepeda motor biasanya ada cirinya atau tandanya apabila komponen tersebut sudah mengalami kelemahan, jika sudah mengalami hal tersebut maka perbaikilah atau segera menggantinya dengan yang baru.

Inilah Cara Menyirenin Komponen Cdi Dan Pulser Sudah Melemah

Ciri Atau Tanda CDI Dan Pulser Yang Sudah Melemah

Pada komponen seperti CDI dan Pulser yang tiba-tiba mati begitu saja ia namanya komponen elektronik, namun pada komponen ini mempunyai ciri atau tanda yang ketika sudah mengalami kelemahan. Hal ini bisa dapat diketahui ketika saat mengendarai motor anda saat kecepatan tinggi sama seperti busi yang akan mengalami rusak atau sudah mau mati.

Apabila anda menemui kondisi yang seperti itu, hal pertama yang perlu untuk dilakukan ialah dengan mengganti komponen Busi pada motor hal ini untuk memastikan apakah penyebab tersebut berada pada busi atau bukan. Jika masih terasa berat saat dibawa melaju kencang waspadalah mungkin hal ini komponen CDI sudah melemah.

Dan pada komponen pulser yang melemah untuk meyirenin gejala yang dirasakan ialah pada motor hampir sama dengan CDI yaitu mesin akan mengalami pengurangan performa dan akan mengalami seperti det-detan. Hal tersebut sama dengan efek pada CDI yang melemah. Aka tetapi pada komponen pulser terkadang pada saat putaran bawah maupun atas mengalami hal tersebut.

Maka dari itu segeralah untuk perbaikan dan pemeriksaan ketika ada yang tak normal pada mesin motor anda. Ada satu kunci untuk dapat menghindar dan mencegah apabila terjadi mogok ketika saat perjalanan, nah untuk melakukan pengecekan CDI yakni dengan menggunakan alat namanya AVOMETER dan bisa juga dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Cara Pengetesan

  • Pertama-tama setel terlebih dahulu Avometer pada sinus 200 Volt.
  • Kemudian kabel yang berwarna merah pada Avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju ke koil
  • Lalu pada kebel yang berwarna hitam Avometer hubungkan ke masa atau bodi motor
  • Selanjutnya nyalakan motor dengan kick starter ataupun menggunakan starter lalu lihat di Avometer apakah ada arus atau tegangan yang keluar atau tidak
  • Jika hal ini tidak ada, untuk itu pad komponen CDI yang sudah mengalami rusak maka arus atau tegangan listrik dari sepul dan pulser yang mengalir ke CDI. untuk itu sebelumnya cek terlebih dahulu arus tersebut caranya sama seperti yang diatas hanya saja kabel yang berwarna merah pada Avometer dihubungkan ke sepul yang menuju ke CDI
  • Jika tidak ada Avometer cobalah kable CDI yang menuju ke koil disambungkan ke bodi ( chasis ) motor lalu nyalaka motor kembali dengan starter atau kick starter. Bila ada percikan bunga api berarti CDI masih layak pakai. Jika tidak ada percikan bunga api berarti komponen CDI sudah mengalami kerusakan.
  • Hal berbeda bila putaran mesin tersendat diputaran atas itu berarti kendala di koil yang masih mengeluarkan arus tengah tinggi tetapi tidak sanggup melayani frekuensi tinggi, sehingga untuk lompatan apinya terputus – putus begitu juga dengan putaran gas diturunkan mesin akan kembali normal.

Nah itulah beberapa informasi tentang Inilah Cara Menyirenin Komponen Cdi Dan Pulser Sudah Melemah semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda. 🙂 🙂 🙂

Baca juga :

 

Inilah Cara Menyirenin Komponen Cdi Dan Pulser Sudah Melemah | admin | 4.5