Ternyata Ini, Penyebab Lampu Rem Meredup Pada Motor

Ternyata Ini, Penyebab Lampu Rem Meredup Pada Motor

Ternyata Ini, Penyebab Lampu Rem Meredup Pada Motor – Mungkin hal kejadian yang seperti ini bukan yang besar bila melihat motor dengan lampu rem yang meredup, pastinya kita baru akan mengecek bila lampu tersebut sudah mati. Untuk fungsi lampu belakang ialah sebagai rem sekaligus sebagai penerangan pada malam hari. Nah apabila lampu tersebut nyalanya remang-remang atau kurang terang, maka akan sangat berpotensi yang dapat menimbulkan bahaya. Khususnya pada malam hari lampu tersebut bisa menjadi penanda bagi kendaran yang lainnya, jadi dapat mengetahui kalau ada kendaraan didepannya ada kendaraan. Hal ini berlaku juga untuk lampu rem dimana pengendara yang dibelakang menjadi tau bahwa kendaraan didepan sedang melakukan rem dan mengurangi laju kendaraan.

Semua itu akan terganggu bila lampu belakang menjadi redup. Maka karena itu lebih baik untuk pengecek dengan cara satu persatu pada komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan pada lampu belakang motor tersebut.

Ternyata Ini, Penyebab Lampu Rem Meredup Pada Motor

Pengecekan Aki

Untuk memulai pengecekan sebaiknya dimulai dari sumber kelistrikan pada motor yakni aki. Aki yang tidak stabil akan menyebabkan suplai listrik ke lampu belakang menjadi tidak stabil juga dan bisa juga membuat lampu belakang remang-remang.

Untuk cara mengeceknya yaitu dengan menggunakan alat yang bernama avometer. Alat avometer ini digunakan untuk melihat tegangan listrik pada aki, idealnya ialah sekitar 12-12,3 Volt. Bila kurang maka aki tersebut dalam kondisi yang kurang baik sehingga harus dicas kembali atau memang aki tersebut sudah mulai soak ( mengganti dengan yang baru ).

Pengecekan Kabel-Kabel

Selanjutnya cek kabel-kabel lampu yang ada hubungan denga lampu belakang. Khususnya pada sambungan kabel yang bisa membuat arus listrik dari aki ke lampu belakang menjadi terganggu. Hal yang bisa dilakukan ialah pengaturan kabel bodi utama diatur ulang.

Cek juga soket-soket kabel yang mengarah ke kabel belakang. Pada soket ini biasanya mangalami kendor atau longgar sehingga hal ini bisa membuat arus listrik menjadi tidak stabil, apabila ada kotoran segera dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan penetran hingga bersih.

Pengecekan Fitting Lampu

Tahap yang terakhir ialah dengan mengecek pada fitting lampu belakang pada rumah bohlam, biasanya terjadi kesalahan pada posisi bohlam, yang dimana bohlam diputar kearah yang salah. Kemudian cek juga fitting lampu bila berkarat segera ampelas halus dan semprot dengan cairan penetran, dengan melakukan tahapan diatas mudahan lampu belakang motor anda menjadi terang kembali.

Cukup Mudah Bukan … ???
Semoga dengan adanya postingan tentang Ternyata Ini, Penyebab Lampu Rem Meredup Pada Motor semoga dapat membantu, selamat mencoba. 🙂 🙂 🙂

Baca juga :
Ternyata Ini, Penyebab Lampu Rem Meredup Pada Motor | admin | 4.5