Electric Starter Motor Anda Rewel!!! Ini Loh, Cara Merawatnya

Electric Starter Motor Anda Rewel!!! Ini Loh, Cara Merawatnya – Bagi pengguna kendaraan roda dua ( sepeda motor ) pastinya pernah mengalami saat tombol starter di tekan tidak bekerja. Untuk penggunaan electric starter ini memang sangat membantu sekali untuk menghidupkan mesin, jadi anda tidak perlu susah untuk mengengkol dengan, sekali pencet sepeda motor anda langsung jalan.

Electric Starter Motor Anda Rewel!!! Ini Loh, Cara Merawatnya

Electric Starter Motor Anda Rewel!!! Ini Loh, Cara Merawatnya

Namun lamanya dalam pemakaian terkadang pada bagian sistem electric starter pun jadi mengalami kerewelan. Nah agar kejadian tersebut tidak terjadi electric starter perlu untuk dilakukan perawatan agar saat digunakan dapat bekerja dengan optimal kembali tanpa ada problem lagi.

Electric starter biasanya menggunakan pengendali negatif, yang artinya positif yang dari baterai langsung menuju motor starter, sedangkan tombol sakelar hanya untuk memutus dan menghubungkan aliran negatif.

Hal ini terbilang memiliki banyak sekali keuntungan namun juga ada sisi negatifnya yakni di switch, soket dan konektornya yang sering terjadi ada kerak untuk itu perlu untuk dibersihkan sehingga kinerja electric starter dapat bekerja kembali.

Cara Merawat Pada Electric Starter Sepeda Motor

  • Bersihkan Konektor Rangkaian Motor Starter
    Hal yang pertama ialah dengan melepas soket ( biasanya berwarna merah ) yang menuju tombol starter. Lalu bersihkan dengan cara menggunakan cairan penetran, hanya denga menyemprotkannya pada bagian tersebut, kerak atau kotoran sudah bisa hilang.
  • Bersihkan Konektor Pada Tombol Starter
    Biasanya kerak akan menempel pada tombol starter karena lamanya pemakaian, untuk itu buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, kemudian gosok dengan menggunakan amplas halus pada konektornya.
  • Cek Switch Tuas Rem
    Pada jenis motor matic untuk menyalakan mesin dengan menggunakan electric starter perlu menekan tuas rem. Hal ini dikarenakan adanya switch atau saklar pada tuas rem, nah apabila motor starter tidak bisa berputar saat tombol ditekan, ceklah kondisi switch tersebut. Caranya dengan menjumper dengan menggunakan kabel, bila sudah dijumper dan tombol starter ditekan tetapi motor tidak berputar maka hal ini bisa jadi disebabkan switch pada tuas rem tersebut sudah rusak, untuk harga switch berkisar 30 ribuan.

Bila ketiga hal diatas sudah dilakukan tapi motor starter tetap tidak bisa berputar maka bisa disebabkan oleh aki motor anda yang sudah soak atau motor starter yang sudah rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Electric Starter Motor Anda Rewel!!! Ini Loh, Cara Merawatnya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Artikel Lainnya :

Electric Starter Motor Anda Rewel!!! Ini Loh, Cara Merawatnya | admin | 4.5