Vixion Lebih Bagus Pakai Premium Atau Pertamax?? Inilah Solusinya!!

 Cara Mengetahui Vixion Lebih Bagus Pakai Premium Atau Pertamax?? Inilah Solusinya!!

Vixion Lebih Bagus Pakai Premium Atau Pertamax?? Inilah Solusinya!! – Yamaha vixion merupakan sepeda motor besutan produsen yang memiliki logo garputala Yamaha yang memiliki kapasitas 150 cc. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Yamaha Vixion ini merupakan raja dikelas motor sport 150 cc. Walaupun banyak produsen lain yang mencoba untuk menggoyahkan Yamaha Vixion dari singgah sananya, tetap saja penjualannya tinggi untuk di Indonesia. Dengan mengunsung sistem bahan bakar yang menggunakan injeksi motor sport ini mempunyai konsumsi bahan bakar yang terbilang irit. Ngomongin soal bahan bakar, bahan bakar apa sih yang bagus atau cocok untuk kuda besi Yamah Vixion !!.

Yamaha vixion bagus pakai premium atau pertamax, mungkin hal ini sering sekali menjadi pertanyaan yang kerap muncul dari kalangan pengguna atau pemakai vixion. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita bahas terlebih dahulu mengenai perbedaan dari premium adan pertamax.

Perbedaan Premium Dan Pertamax

Hal yang membedakan dari kedua jenis bahan bakar tersebut ialah dari nilai oktannya. Sebenarnya apa sih Nilai Oktan itu ??? Nilai oktan ialah nilai yang menunjukkan tingkat ketahanan bahan bakar terhadap suhu dan tekanan. Jadi semakin tinggi nilai oktan maka bahan bakar tersebut memiliki ketahanan terhadap suhu dan tekanan yang semakin tinggi pula. Untuk jenis pertamax memiliki nilai oktan 92, untuk jenis pertamax plus memiliki nilai oktan 95 sedangkan premium hanya memiliki nilai oktan 88.

Setiap sepeda motor yang memiliki perbandingan kompresi sendiri-sendiri. Perbandingan kompresi ialah perbandingan antara volume silinder ( saat piston berada di TMB ) dan volume ruang bakar ( saat piston berada di TMA ). Nah perbandingan kompresi ini sangat berpengaruh pada jenis bahan bakar yang digunakan. Karena semakin tinggi perbandingan kompresi maka juga dibutuhkan bahan bakar yang memiliki nilai oktan yang semakin tinggi pula. Pada sepeda motor vixin memiliki perbandingan kompresi 10,4 : 1. Lalu bahan apa yang bagus atau cocok untuk kuda besi Yamaha Vixion ?? simak di bawah ini.

  • Premium ( oktan 88 ) = perbandingan kompresi 7 : 1 hingga 9 : 1
  • Pertamax ( oktan 92 ) = perbandingan kompresi 9 : 1 hingga 10 : 1
  • Pertamax Plus ( oktan 95 ) = perbandingan kompresi 10 : 1 hingga 11 : 1

Nah sudah jelas bahwa bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Vixion !! namun sebenarnya pakai pertamax juga hasil pembakarannya sudah bagus. Untuk sepeda motor lain tinggal disesuaikan sendiri antara perbandingan kompresinya dan nilai oktan tersebut.

Dampak Perbandingan Kompresi Tinggi

Dampaknya jika sepeda motor dengan perbandingan kompresi tinggi tapi diisi dengan bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah !! misalnya di motor Vixion pakai premium. Tentunya karena kompresi tinggi tapi diisi bahan bakar dengan nilai oktan rendah maka bahan bakar tersebut akan terbakar lebih awal karena tidak mampu menahan tekanan kompresi atau yang biasa dikenal dengan pre ignition.

Nah pre ignition ini akan dapat menimbulkan knocking yang berpotensi dapat merusak beberapa komponen motor. Jadi untuk memilih mana yang cocok atau bagus untuk kendaraan anda, lebih baik mahal dikit tapi mendapatkan hasil yang lebih optimal dan pada komponen-komponen motor juga akan lebih awet.

Demikianlah pembahasan mengenai Vixion Lebih Bagus Pakai Premium Atau Pertamax?? Inilah Solusinya!! semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Artikel Lainnya :
Vixion Lebih Bagus Pakai Premium Atau Pertamax?? Inilah Solusinya!! | admin | 4.5