Jadi Ini, 3 Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor

Jadi Ini, 3 Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor – Bagi pemiliki kendaraan pastinya pernah tahu atau pernah melihatnya dengan selang pernafasan mesin atau yang biasa umum orang bilang mah ablas mesin. Tapi apakah anda mengetahui yang sebenarnya apa saja sih fungsi dari ablas mesin tersebut. Nah memang orang rata-rata hanya mengetahui kalau selang atau lubang pernafasan mesin itu hanya untuk pernafasan mesin saja. Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja fungsinya. Dan berikut beberapa fungsi ablas pada mesin dan apa yang terjadi jika ablas mesin tersebut tersumbat.

Jadi Ini, 3 Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor

Jadi Ini, 3 Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor

Untuk selang pernafasan mesin pada jenis motor jaman dahulu kebanyakan dibiarkan saja keluar ke bawah, tapi jika kita lihat pada mesin modern kebanyakan selang tersebut masuk ke kotak atau box filter udara, dari sinilah kita akan membahas fungsinya.

Fungsi Lubang Prnafasan

  • Yang Pertama : Sebagai pernafasan atau tempat bersirkulasinya udara didalam kalter mesin, seperti yang kita ketahui ketika mesin hidup, seher didalam mesin bergerak naik turun antara TMA-TMB nah pada saat itulah terjadinya kevakuman udara didalam kalter. Ketika seher naik udara akan tersedot masuk dan saat seher turun udara akan tertiup tertekan keluar. Tentunya dengan adanya lubang pernafasan gerak seher ini lancar.
  • Yang Kedua : Sebagai penyalur kompresi yang bocor, pada saat apa yakni pada saat seher berada di langkah kompresi bukan tidak mungkin ada udara yang telah bercampur bahan bakar melintas ke kalter yang melewati dinding silinder dan ring seher. Dan akan di keluarkan pada ketika seher bergerak turun dipompa ke kotak filter udara agar tidak mencemari lingkungan.
  • Yang Ketiga : Sebagai pendingin mesin dan penghangat udara,maksud demikian ialah sebagai pendingin saat udara dari luar tersedot masuk ke dalam mesin, yang tersedot tentunya kan udara dingin. Nah kalau berfungsi sebagai penghangat ialah saat ketika udara dipompa keluar dari mesin tentunya udara yang hangat atau panas, ini akan membantu menghangatkan udara yang ada di box filter yang akan terhisap ke ruang bakar.

Efek Lubang Pernafasan

Kalau efeknya pastinya anda sudah terbayang kalau sudah tahu fungsi dari lubang pernafasan ini, gerak dari seher akan terhambat pastinya dan akan berimbas ke tenaga mesin dan karena didalam kalter ada sebuah tekanan udara, seal-seal yang ada dimesin pun bisa menjadi bocor.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini, 3 Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Artikel Lainnya :

 

Jadi Ini, 3 Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor | admin | 4.5