Tips Jitu Yamaha Mio!! Bore up Menjadi 150 cc “Cocok Untuk Harian”

Tips Jitu Yamaha Mio!! Bore up Menjadi 150 cc “Cocok Untuk Harian” – Setiap sepeda motor dari pabrikannya sudah memiliki spesifikasi dan kapasitas mesin masing-masing. Untuk kapasitas mesin motor dinyatakan dalam satuan centimeter cubic ( cc ). Untuk sepeda motor yamah matic mio yang non injeksi, memiliki kapasitas mesinny ialah 113,7 cc. dari hasil spesifikasi tersebut tentunya kita dapat mengetahui bahwa mesin mio dalam keadaan standar hanya mampun menampung campuran bahan bakar ( bensin ) didalamnya tidak lebih dari 113,7 cc. lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kapasitas mesin tersebut agar dapat menampung campuran BBM ( Bensin ) hingga mencapai 150 cc !!!

Tips Jitu Yamaha Mio!! Bore up Menjadi 150 cc “Cocok Untuk Harian”

Tips Jitu Yamaha Mio!! Bore up Menjadi 150 cc “Cocok Untuk Harian”

Bisa kita lihat dari sisi tenaga dan performa sepeda motor, tentunya kapasitas mesin yang besar pastinya akan memiliki tenaga yang besar pula kan. Tenaga yang besar yang dihasilkan karena adanya campuran bahan bakar diruang mesin juga banyak. Kerena semakin banyak bahan bakar yang terbakar diruang mesin, pastinya akan semakin banyak juga konsumsi BBM yang dibutuhkan. Jadi saat motor sudah dinaikkan kapasitas mesinnya, jangan berharap untuk bahan bakar ( bensin ) akan lebih irit dari keadaan yang standarnya.

Kembali ke pembahasan utama yakni cara meningkatkan kapasitas mesin mio yang starndarnya 113,7 cc supaya dapat menampung BBM hingga mencapai 150 cc, setidaknya kita harus paham terlebih dahulu hal yang menentukan kapasitas mesin sebuah sepeda motor. Seperti diameter seher ( bore ) dan langkah seher ( stroke ), karena semakin besar diameter dan langkah piston, maka kapasitas mesin juga akan semakin besar. Dan artinya juga tenaga yang akan dihasilkan oleh sepeda motor tersebut semakin besar juga.

Nah berikut ada 2 teknik yang dapat dilakukan untuk membuat Mio Bore Up 150 cc, yang masih aman untuk dipakai harian.

Dengan Menggunakan Seher Berdiamter 57 mm

SEHER 57 mm

Untuk meningkatkan kapasitas mesin Mio 113,7 cc agar dapat menampung campuran BBM hingga mencapai 150 cc, bisa dengan menggunakan ukuran seher yang berdiameter 57 mm. Dengan perhitungan yaitu : ( ¼ x 3,14 x ( 57 )2 x 57,9 ) : 1000 maka akan didapat 147,67 cc.
Dengan menggunakan seher yang lebih besar akan membuat liner standar juga harus diganti. Gantinya liner yang sesuai sama seher yang dipakai tersebut. Contoh : bila menggunakan seher Suzuki Thunder 125 maka harus menggunakan liner mesin motor tersebut.

Selain seher bawaan milik Thunder 125 untuk meningkatkan kapasitas mesin Mio 113,7 cc agar bisa menampung campuran BBM hingga mencapai 150 cc bisa juga dengan menggunakan seher kepunyaan Honda Gl Neo Tech dan Yamaha V-ixion. Khusus untuk penggunaan seher Thunder dan V-ixion, untuk penyesuaian pada diameter pin juga perlu untuk dilakukan. Pasalnya pin bawaan Mio berdiameter 15 mm, sedangkan untuk pin Thunder dan V-Ixion yaitu berdiameter 14 mm.

Dengan Menggunakan Seher Berdiameter 54,5 mm Dan Menaikkan Stroke

SEHER 54,5 mm

Untuk tekni atau langkah kedua dapat meningkatkan atau menaikan kapasitas mesin Mio 113,7 cc agar bisa menampung campuran BBM hingga mencapai 150 cc bisa juga dengan menggunakan piston ukuran 54,5 mm. sedangkan untuk menaikkan stroke atau panjang langkah, gunakan ukuran total 6 mm ( sesuai aturan maksimal naik stroke ) dianggap yang paling pas. Pasalnya bila dimasukkan ke dalam rumus, dari hasil perkalian dan pembagian maka akan ketemu kapasitas mesin menjadi 148,99 cc.

Bila dibandingakan dengan langkah yang pertama, dalam waktu pengerjaan untuk langkah kedua dalam membuat Mio Bore Up 150 cc. untuk harian ini akan lebih lama, karena harus ada proses belah mesin untuk membuat stroke yang baru. Untuk langkah ini tidak perlu pakai ganti boring, namun penyesuaian pin perlu dilakukan pada beberapa seher yang bisa digunakan. Seperti seher bawaan kepunyaan Yamaha Jupiter dan Kawasaki Kaze yang memiliki diameter 13 mm. kalau mau pasang menggunakan seher miliki Suzuki Shogun atau Yamaha Jupiter MX, maka tidak perlu mengganti pin.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Jitu Yamaha Mio!! Bore up Menjadi 150 cc “Cocok Untuk Harian” semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Tips Jitu Yamaha Mio!! Bore up Menjadi 150 cc “Cocok Untuk Harian” | admin | 4.5