5 Cara Merawat Motor!! Yang Sudah Di Bore up Harian

teknikotomotif.com – Pencinta otomotif istilah Bore-up merupakan hal yang tidak asing lagi. Dengan menaikan kapasitas mesin, membuat performa tunggangan seperti yang diinginkan penggunaannya. Memang istilah paling beken dikalangan pengguna skutik, tapi bukan berarti yang ngegas tipe sport tak faham tentang bore-up.

5 Cara Merawat Motor!! Yang Sudah Di Bore up Harian

5 Cara Merawat Motor!! Yang Sudah Di Bore up Harian

Dengan cara mendongkrak kapasitas mesin, maka perawatannya tidak boleh sembarangan, apabila salah treatment dapat bikin tunggangan malah menjadi ngadat dan ujung-ujungnya malah menyusahkan pemakainya. Untuk menghindari hal yang seperti itu maka simak dibawah ini tahapan cara bagaimana merawat motor yang sudah berkapasitas di atas standarnya.

Oli Mesin

Sepeda motor yang sudah di Bore-up membutuhkan oli yang berkwalitas yang baik serta dengan spek diatas oli mesin standar. Pertimbangannya power dan torsi mesin yang sudah jauh diatas power dan torsi standarnya. Untuk pemakaian oli dapat menggunakan oli motul ester 5100, oli baik buat turing maupun dapat digunakan untuk balap. Untuk pergantian biasanya setiap 1500 km. dan untuk penggunaan oli yang lain bisa juga digunakan seperti endure 4t racing, shell ax7, bm 1 dan repsol.

Volume Oli

Berhubung motor yang volume mesinnya sudah bertambah besar maka volume oli pun sebaiknya ditambah, biasanya untuk isi oli 1,1 liter dari volume normal 1 liter, ganti filter oli tambah jadi 1,2 liter. Dan kalau lagi turun mesin ditambah menjadi 1,4 liter. Jadi sediakan selalu oli buat menambah sendiri dirumah, kenapa ?? karena volume mesin yang lebih besar pastinya membutuhkan cairan pelumas yang lebih banyak juga.

Bila olinya standar bagaimana ?? untuk mesin FU itu ada lobang indikasi oli dengan tertera Lower-Midle-Upper nah patokannya itu saja, jangan sampe dibawah lower. Bila ampe dibawah lower maka gear pada pompa oli tidak bisa menjangkau oli untuk memompa ke atas head. Bila hal itu terjadi maka pastinya membutuhkan biaya yang terbilang lumayan.

Cara Membawa Motor

Dalam membawa motor yang sudah di Bore-up mesti dengan bijaksana yang artinya setiap tarikan gas ialah hentakan akselerasi yang dapat membuat pen piston dan big end dapat menjadi aus. Maka dari itu membawanya dengan bertahap,,, jangan suka maen gas sembaranga. Dan juga jangan sering standing hal ini karena membuat cepat aus pada bagian yang disebutkan tadi, belum lagi pada bagian kopling cepat rusak. Cara membawa motor yang tidak terlalu sembarangan akan membuat umur rantai sentrik lebih awet tidak cepat molor.

Tensioner Manual

Bila motor anda menggunakan tensioner manual, maka rajinlah untuk selalu mengecek stelannya. Karena pakai tensioner manual itu tidak ada pernya jadi bila kendor suara menjadi berisik. Tapi memiliki keuntungan memakai tensioner manual itu putaran mesin lebih stabil.

Cara Penyimpanan Motor

Mesin motor yang sudah menggunakan part performa yang tinggi missal pada cam lift tinggi atau per klep jepang hal ini membutuhkan perhatian khusus ketika anda akan menyimpan dalam waktu lama, bila tidak mengetahui caranya bagaimana menyimpannya dengan baik, jangan heran bila performa mesin cepat menjadi turun. Kenapa demikian ?? noke as dengan lift yang tinggi, akan menekan per klep lebih keras dari noken as standar yang akibatnya bila per terlalu lama ditekan maka per akan mengalami penyusutan beberapa mm.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 Cara Merawat Motor!! Yang Sudah Di Bore up Harian semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Artikel Lainnya :

5 Cara Merawat Motor!! Yang Sudah Di Bore up Harian | admin | 4.5