Tips Jitu Honda Beat FI!! Bore up Menjadi 125 cc “Cocok Untuk Harian”

Tips Jitu Honda Beat FI!! Bore up Menjadi 125 cc “Cocok Untuk Harian” – Sepeda motor matic memang menjadi pilihan tersendiri untuk saat ini terutam bagi anak muda. Tak heran apabila banyak pabrikan otomotif yang memproduksi motor jenis matic ini.

Tips Jitu Honda Beat FI!! Bore up Menjadi 125 cc “Cocok Untuk Harian”

Tips Jitu Honda Beat FI!! Bore up Menjadi 125 cc “Cocok Untuk Harian”

Nah dari beberapa motor matic yang ada, Honda Beat Fi menjadi salah satu yang cukup banyak digemari. Kita dapat lihat saat sedangn melintas di jalan-jalan banyak bersliwiran motor besutan Honda tersebut.

Sepeda motor ini mengusung dengan mesin yang berkapasitas 110 cc OHC dengan pendinginan udara dan sudah berteknologi injeksi ( PGM-FI ). Sebenarnya untuk harian, spesifikasi mesin tersebut sudah sangat mendukung. Kendati demikian banyak juga para pengguna beat fi yang memodifikasinya guna mendongkrak performa.

Bore Up Honda Beat Fi

Membore-up Honda Beat Fi merupakan salah satu cara untuk mendongkrak performa mesin dengan cara memperbesar volume silinder. Karena volume silinder akan bertambah besar dan dengan penyesuaian suplai bahan bakar maka demikian pembakaran akan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Nah untuk melakukan bore up tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Bila anda memilih untuk bore up pada Honda beat fi ini tapi juga dapat untuk digunakan harian maka jangan melakukan ubahan yang terbilang ekstrim.

Volume Silinder

PISTON KAWASAKI KAZE OVERSIZE 100

Dengan memperbesar volume silinder dari 110 cc menjadi 125 cc hal ini diras sudah cukup apabila digunakan untuk harian. Nah untuk mencapai 125 cc, maka anda cukup dengan menggunakan piston ori dari Kawasaki Kaze yang beroversize 100 yang memiliki diameter 54 mm. karena piston yang digunakan lebih besar tentu harus mengubah boring silinder.

Porting ( Intake Dan Exhaust )

Untuk mengoptimalkan aliran udara dan sisa pembakaran dapat melakukan porting polish pada bagian head silinder yaitu intake dan exhaust.

Mengganti Throttle Body ( Dengan Milik Vario 125 )

THROTTLE BODY VARIO 125

Nah karena bagian volume silinder sudah berubah maka jumlah bahan bakar yang masuk juga harus disesuaikan untuk itu throttle Body bersama injektornya dapat menggunakan kepunyaan vario 125, meskipun sudah dilakukan penggantian namun jumlah bahan bakar yang masuk ke silinder pada system injeksi ini ditentukan oleh ECU.

Oleh karena itu tanpa melakukan ubahan pada ECU tentu saja hal ini akan sia-sia. Jika mau mengubah database pada ECU mungkin akan mengalami kesulitan, untuk itu solusinya bisa menggunakan piggyback.

Piranti ini difungsikan untuk manipulasi data-data dari sensor yang akan masuk ke ECU. Dengan demikian settingan ECU dapat berubah, anda dapat menggunakan piggyback besutan Api Tech dari Thailand.

PIGGYBACK

Hasil Pengukuran Yang Didapat

Bore up Honda Fi pun sudah selesai dilakukan. Dari pengukuran melalui dyno test didapatkan hasil tenaga maksimum 12,62 Hp pada putaran 7.200 rpm serta torsi maksimum 12,44 Nm pada putaran 6.800 rpm.

Jika menilik spesifikasi Honda beat fi standar hasil tersebut sudah meningkat cukup signifikan. Pada mesin standar, tenaga maksimumnya ialah 8.52 PS pada putaran 8000 rpm sedangkan torsinya 8,68 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Bagian CVT ( Pulley, Roller Dan Pegas )

ROLLER DAN PEGAS KTC

Kendati demikian anda mesti juga melakukan penyesuian pada bagian lainnya pula, misalnya untuk CVT anda dapat menggunakan pulley set buatan SPS, sementara rollernya dapat mengganti dengan yang 8 gram buatan KTC berikut dengan pegasnya agar didapatkan akselerasi di putaran bawah. Untuk mendapatkan tenaga yang lebih optimal lagi dapat menggunakan knalpot free flow.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Jitu Honda Beat FI!! Bore up Menjadi 125 cc “Cocok Untuk Harian” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

Tips Jitu Honda Beat FI!! Bore up Menjadi 125 cc “Cocok Untuk Harian” | admin | 4.5