Tips Mengetahui Penyebab Roda Belakang Skutik Menjadi Seret

teknikotomotif.com – Bagi pengguna kendaraan khususnya roda dua ( sepeda motor ) untuk jenis matic atau skutik pastinya pernah mengalami pada roda belakang menjadi seret !! saat untuk mencoba pasang standar tengah dan putar roda belakang tiba-tiba menjadi terasa seret sehingga hal ini harus dengan menggunakan tenaga lebih.
Tips Mengetahui Penyebab Roda Belakang Skutik Menjadi Seret

Tips Mengetahui Penyebab Roda Belakang Skutik Menjadi Seret

Hal ini penyebabnya pada mur pengunci kampas kopling menempel dengan mengkuk kopling, hal bila dipaksakan putaranya dapat mengakibatkan kedua bagian itu menjadi aus. Seharusnya ada celah antara mur dengan mangkuk kopling sehingga mangkuk dapat berputar dengan bebas dan baru bisa mengunci dengan berkembangnya kampas kopling ( bukan baut pengunci ).

KAMPAS DAN RUMAH KOPLING

Apabila pada mur pengunci tidak kencang, bisa saja mur menjadi bergeser kea rah membuka ( di posisi ujung mur itu terdapat mangkuk kopling ). Seandainya menempel keras hal ini dikhawatirkan malah membuat roda menjadi macet.

Masalah yang lainnya menyangkut kampas kopling yang akan cepat habis akibat besarnya tenaga dari standarnya. Kondisi seperti ini dapat terjadi pada motor yang sudah mengalami dirubah seperti di bore-up ekstrem. Dengan demikian sangat dibutuhkan kampas kopling yang ekstra kuat.

Habisnya kampas kopling sangat beragam, tak hanya ketebalan yang jadi patokan tetapi juga panjangnya dari ukuran standar dapat membuat kinerje kopling tidak sempurna. tanda-tanda ausnya kampas antara lain seperti selip karena kampas tidak lagi sempurna mengunci mangkuk kopling artinya butuh putaran mesin yang lebih tinggi untuk bisa memutar roda. Untuk tanda kopling menjadi aus selain selip laju motor tersendat-sendat layaknya letikan busi di dalam ruang bakar yang dalam kondisi hidup mati. Lebih parah lagi bila mangkok kopling sudah mengalami seperti peang.

Artikel Lainnya :

Untuk memperbaikinya pada kampas kopling harus diganti satu set terdiri dari tiga buah. Untuk harga satu buahnya yaitu sekitar Rp 65.000. saat membeli kampas jangan berikut sama rumahnya lantaran banderolnya cukup mengagetkan. Saat membeli kampas secara ketengah periksa kondisi per sepatunya jangan-jangan sudah lemah sehingga sangat gampang terhubung ke roda belakang.

Untuk satandar sepatu kopling bari terhubung ke roda belakang pada 2.000 rpm, kalu per sudah lemah maka putaran mesin belum sampai segitu. Sepatu kopling sdah terhubung ke roda belakang. Jelasnya belum sampai 2.000 rpm roda belakng sudah berputar duluan. Dan bila mengganti dengan per yang lebih keras itu membuat roda belakang lebih telat berputar. Nah apabila ingin roda belakang berputarnya lebih resposif pada 1.750 rpm maka ganti per kopling dengan yang lebih lembut.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Mengetahui Penyebab Roda Belakang Skutik Menjadi Seret semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Tips Mengetahui Penyebab Roda Belakang Skutik Menjadi Seret | admin | 4.5