Tips Jitu!! Upgrade Performa Suzuki Nex FI “Cocok Buat Harian”

Tips Jitu!! Upgrade Performa Suzuki Nex FI “Cocok Buat Harian” – Suzuki Nex FI yang keluaran dari pabrik Suzuki ini termasuk motor matic dikelas entry level yang mempunyai performa tangguh dan gesit. Hal itu lah lantaran bobotnya yang ringan hanya 87 kg saja. Meskipun demikian masih ada saja yang kurang puas dengan performannya. Jika sudah demikian pilihannya mengupgrade mesin matic tersebut agar performannya terdongkrak.

Standarnya Suzuki Nex FI ini memiliki tenaga 7,14 dk pada putaran 6800 dan pada torsi sebesar 7,84 Nm di putaran 6700. Dengan beberapa ubahan berikut ini, performanya dapat meloncat hingga 9,34 dk pada putaran 8400 dengan torsi 8,33 Nm diputaran 7500. Dengan kenaikan hingga 2,9 dk atau sekitar 29,3%.

Nah berikut ini ubahan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan performanya simak dibawah ini.

Tahapan Pertama ( Bore Up )

Untuk mendapatkan tenaga yang seperti itu tentu saja hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan memperbesar volume ruang bakar. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti piston standar yang berdiameter 51 mm dengan ukuran berdiameter 53 mm kepunyaan Kawasaki Kaze.

Dengan langkah standar yakni 55,2 mm saja. Dengan begitu maka kapasitas silinder udah menjadi 121,7 cc. Untuk aplikasinya cikup korter standar saja perlu tak perlu ganti boring. Namun piston perlu sedikit dipapas hal ini agar kompresi menjadi 11,1 : 1.

Tahapa Kedua ( Papas Kem )

Tahapan berikutnya untuk menyesuaikan asupan bahan bakar dan efisiensi volumetric maka perlu dilakukan pemapasan pada kem. Kem perlu dipapas dengan ukuran 2 mm dengan durasi in 265 derajat dan ex 263 derajat. Dengan ubahan ini bukaan klep lebih tinggi dan lebih lama.

Tahapan Ketiga ( Porting Dan Polish )

Untuk bagian kepala silinder tidak banyak diubah, hanya perlu porting dan polish saja untuk memperlancar aliran bahan bakar.

Tahapan Keempat ( Piggyback Iquteche )

Karena pada motor ini yang menggunakan sistem FI maka agar pasokan bahan lebih besar maka dapat diakali dengan pemasangan piggyback. Untuk harganya sekitar Rp 700 ribuan dan sudah sangat membatu untuk memaksimalkan performanya.

Tahapan Kelima ( Knalpot )

Tahapan yang terakhir untuk memperlancar aliran gas buang, knalpot standar diganti dengan knalpot racing. Leher dapat menggunakan ukuran 22 mm sedangkan silincernya dapat menggunakan milik Mio yang sudah dibobok. Suara yang ditimbulkan tidak terlalu bising sehingga nyaman ditelinga.

Tips Jitu!! Upgrade Performa Suzuki Nex FI “Cocok Buat Harian”

Tips Jitu!! Upgrade Performa Suzuki Nex FI “Cocok Buat Harian”

Bagaimana apakah motor anda mau mencobanya ???

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Jitu!! Upgrade Performa Suzuki Nex FI “Cocok Buat Harian” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Tips Jitu!! Upgrade Performa Suzuki Nex FI “Cocok Buat Harian” | admin | 4.5