Motor Anda, Mau Aman Dari Tindakan Pencurian!! Pasang Kunci Pengaman Dan Ini Caranya

teknikotomotif.com – Dalam kasus tindakan pencuri hal kerap terjadi oleh siapa saja. Berbagai moduspun dilakukan untuk dapat mengelabuhi bagi pemilik kendaraan. Sebagai pemiliki kendaraan kita dituntut untuk dapat meningkatkan kewaspadaan, hal demikian hanya dengan menggunakan kunci setang tidaklah cukup untuk dapat menjamin kendaraan anda aman dari tindakan pencurian. Nah untuk itu diperlukan sebuah pengaman khusus yang dapat mencegah tindakan pencurian pada sepeda motor.

Motor Anda, Mau Aman Dari Tindakan Pencurian!!  Pasang Kunci Pengaman Dan Ini Caranya

Motor Anda, Mau Aman Dari Tindakan Pencurian!!  Pasang Kunci Pengaman Dan Ini Caranya

Sebenarnya untuk pengaman pada sepeda motor banyak sekali dijual dipasaran, namun harga yang dijual terlalu tinggi hal ini yang membuat bagi calon pembeli berfikir dua kali untuk membelinya. Nah jika anda ingin menjaga kendaraan anda tersebut dari tangan para pencuri tanpa harus mengeluarkan uang yang begitu banyak, nah berikut ini caranya.

Untuk cara membuat pengaman kunci pengaman pada sepeda motor ini terbilang sangatlah mudah untuk dilakukan. Karena pada dasarnya cara ini hanya memutus dan menghubungkan aliran listrik dari komponen CDI yang menuju ke komponen Coil pengapian. Jadi apabila kunci pengaman ini tidak diaktifkan maka pada busi tidak dapat memercikan bunga api sehingga mesin pada sepeda motor anda tidak akan hidup. Kalau begitu langsung aja dehh.. ??

Cara Memasang Kunci Pengaman

Berikut ini langkah-langkahnya simak dibawah ini.

  • Hal yang pertama yang perlu dilakukan yakni dengan mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat pengaman sepeda motor. Untuk bahan yang akan dibutuhkan seperti relay kaki 6 atau 8, kabel, saklar, solder dan timah.
  • Kemudian rangkailah semua bahan tersebut sesuai gambar dibawah ini.

    RANGKAIAN KUNCI PENGAMAN PADA MOTOR

  • Pada terminal B dan C pada gambar ialah terminal 85 dan 86 pada relay, sedangkan terminal D dan E ialah terminal 30 dan 87 pada relay.
  • Pada saklar A anda dapat menggunakan lampu sein ( reting ) ataupun klakson. Saklar ini ialah saklar utama jadi apabila saklar ini belum diaktifkan maka pada kendaraan motor tersebut tidak akan dapat dihidupkan.
  • Selanjutnya dengan meletakkan saklar H ditempat yang paling rahasia dimotor anda. Saklar H ini hanya berfungsi sebagai by pass saat kunci pengaman tidak berfungsi.

Prinsip Cara Kerja Kunci Pengaman

Untuk cara kerja dari rangkaian kunci pengaman sepeda motor tersebut sebagai berikut :

  • Ketika kunci kontak On maka arus listrik yang mengalir ke terminal D saja baru ketika saklar A ( sein / klakson / sesuai keinginan anda ) diaktifkan arus listrik akan mengalir ke kumparan relay ( B ) sehingga terjadi kemagnetan. Dengan kemagnetan tersebut akan menghubungkan terminal D dan E sehingga meskipun saklar A dimatikan arus listrik akan tetap mengalir ke kumparan relay. Pada saat itu juga terminal F dan G terhubung sehingga aliran listrik dari CDI akan diteruskan ke Coil pengapian.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Anda, Mau Aman Dari Tindakan Pencurian!!  Pasang Kunci Pengaman Dan Ini Caranya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

 

Motor Anda, Mau Aman Dari Tindakan Pencurian!! Pasang Kunci Pengaman Dan Ini Caranya | admin | 4.5