Mau?? Motor Anda Pada Lampu Sein Nyala Semua (Lampu Hazard)!! Ini Cara Membuatnya

teknikotomotif.com – Bagi pencinta otomotif pastinya tidak asing lagi dengan namanya lampu hazard !! lampu sein yang dapat menyala bersamaan seperti pada kendaraan roda 4 ( mobil ), untuk menghidupkan lampu hazard ini tinggal memencet tombol segitiga merah yang ada di dashboard. Untuk fungsi lampu hazard ini sendiri tidaklah lain ialah untuk memberikan tanda bahwa kendaraan dalam keadaan darurat seperti sedangan mengganti ban, mogok, kecelakaan dan lain-lain.

  Mau?? Motor Anda Pada Lampu Sein Nyala Semua (Lampu Hazard)!! Ini Cara Membuatnya

  Mau?? Motor Anda Pada Lampu Sein Nyala Semua (Lampu Hazard)!! Ini Cara Membuatnya

Pada kendaraan roda dua ( motor ) memang hal demikian tidak disediakan penggunaan pada lampu hazard. Walaupun demikian acap kali bagi para rider memodifikasi pada sepeda motornya sendiri supaya lampu seinnya dapat menyala seperti menyala lampu hazard di mobil. Nah lalu bagaimana caranya agar seperti itu ?? berikut ini cara membuat lampu hazard di sepeda motor.

Untuk membuat lampu hazard di motor sebenarnya cukup mudah dan simple, anda hanya tinggal menghubungkan antara lampu sein kiri dengan lampu sein kanan. Hanya saja pada flasher sepeda motor tidak kuat untuk berikan kedipan pada keempat lampu sein tersebut. Flasher ini merupakan sebuah komponen pada rangkaian lampu sein yang memiliki fungsi untuk mengedipkan lampu. Solusi dalam membuat lampu hazard di motor harus mengganti flasher tersebut dengan menggunakan miliki mobil.

Dalam hal ini tidak perlu khawatir aki tekor atau akan dapat merusak pada komponen yang lainnya, hanya dampaknya lampu akan berkedip lebih cepat ketika hanya menghidupkan dua buah lampu sein. Untuk letak flasher di sepeda motor itu  sendiri berbeda-beda namun yang umumnya pada motor bebek berada disebelah kanan dekat dengan aki.

  Mau?? Motor Anda Pada Lampu Sein Nyala Semua (Lampu Hazard)!! Ini Cara Membuatnya

Apabila masih bingung silahkan hidupkan lampu sein maka pada part tersebut akan terdengar suaranya “ tiktok-tiktok ”. Nah berikut ini langkah-langkah dalam membuat lampu hazard disepeda motor.

  • Langkah awal dengan menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu yakni flasher mobil, kabel, saklar, isolasi, dan obeng.
  • Kemudian bongkar bodi samping dan cari letak flasher. Apabila sudah ketemu lalu silahkan ganti dengan flasher mobil yang tadi sudah disiapkan. Pada flasher mobil ada yang 3 kaki, dua kaki dapat langsung disambungkan dengan socket sedangkan satu kaki lainnya silahkan disambung dengan menggunakan kabel bodi motor.
  • Jika pemasangan sudah benar, silahkan nyalakan lampu sein dan lampu sein akan hidup seperti sedia kala, hanya saja kedipannya lebih cepat.
  • Untuk membuat lampu hazard atau keempat lampu sein supaya menyala bersamaan, silahkan dengan membongkar batok pada lampu. Lalu cari kabel positif kedua lampu sein ( kanan dan kiri ).
  • Apabila sudah ketemu, selanjutnya sambungkan keduanya. Supaya lampu sein tetap dapat digunakan seperti sedia kala gunakan saklar untuk menyambungnya.
  • Nah sekarang lampu hazard disepeda motor anda sudah siap digunakan atau sudah jadi. Posisikan saklar pada posisi On dan hidupkan lampu sein, maka keempat lampu sein akan hidup bersamaan. Untuk menonaktifkan lampu hazard tersebut tinggal geser saklar ke posisi “ Off ” maka lampu sein akan menyala seperti sedia kala.

Demikianlah pembahasan mengenai   Mau?? Motor Anda Pada Lampu Sein Nyala Semua (Lampu Hazard)!! Ini Cara Membuatnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Mau?? Motor Anda Pada Lampu Sein Nyala Semua (Lampu Hazard)!! Ini Cara Membuatnya | admin | 4.5